Operasi Pasar Cabai Merah Dadakan, Program Uji Coba DKP3 Akomodir Petani

METROTANGSEL.COM, Serpong – Operasi pasar cabai merah yang digelar di pelataran halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Kamis (1/7) ternyata bagian dari inisiasi dinas tersebut dalam mengenalkan komoditi yang dihasilkan para petani dari toko tani.

Kepala Dinas KP3 Nur Slamet mengatakan, komoditi yang dijual pada kesempatan itu disuplai langsung oleh para petani yang sudah tergabung dalam toko tani Indonesia. Sehingga antara harga beli dan jual pun sangat murah, sesuai kemampuan masyarakat.

“Ini petani dibawah toko tani Indonesia. Jadi, Kementerian punya toko tani Indonesia. Kita juga punya 51 tokoh tani. Sedang kita buat TTI (toko tani indonesia) centrenya di KPT (komplek pertanian terpadu),” katanya.

“Nah ini uji coba juga, toko tani nanti dari petani langsung kirim barang. Barang dari tokoh tani yang sudah dikerjasamakan se Banten. Biasanya, kalau pameran juga kan langsung,” tegas Sosok yang akrab disapa Cing Nur ini.

Cing Slamet menegaskan, dengan adanya operasi pasar ini, komoditi yang dihasilkan petani dari toko tani bisa langsung dipasarkan tanpa mengganggu harga pasaran. Dan giat itupun, bukan pasar tandingan.

“Artinya gini, kita membeli fasilitas dari petani, pedagang langsung dengan harga yang bagus. Kita jual dengan mekanisme tokoh tani, karena batangan,” jelasnya.

“Kalau pasar, silahkan dengan harga pasar. Berlaku dengan mekanisme pasar,” tukasnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here