Tips! Cara Berhenti Merokok Ala ‘Pilot’ Puskesmas Bambu Apus

METROTANGSEL.COM, Serpong – Bagi sebagain besar perokok aktif, berhenti dari rasa addict rokok sangatlah susah.

Butuh usaha dan keinginan kuat dari diri sendiri agar bisa berhenti menghisap salah satu penyebab penyakit impotensi ini.

Berdasarkan pengalaman Diding (45), pilot ambulance Puskesmas Bambu Apus, berhenti merokok tidak bisa langsung begitu saja.

Ada tipsnya sendiri. Sejak enam tahun terakhir ini, dia sudah bisa berhenti merokok, dari yang awalnya sangat kecanduan. 

“Kalau saya berhenti merokok itu tidak langsung, tapi dengan dikurangi dulu awal-awalnya. Misalkan, dari sebungkus rokok ini, sebatang apa dua batang, saya patahkan, rusak dan buang. Itu permulaanya,” cerita  Diding, saat ditemui di lapangan Cilenggang, Serpong, Senin (5/8).

Lanjut Diding, untuk hari selanjutnya, dia terus menggunakan pola yang sama, membuang jumlah batang rokok dari maksimal sebungkus yang dibeli setiap harinya. 

“Remas biar rusak, lalu dibuang. Hari pertama, sebatang. Kedua, dua batang. Dan seterusnya hingga satu bungkus habis dibuang,” jelas Diding tersenyum.

Meski dibuang, dia tetap membatasi untuk membelinya lagi dalam hari yang sama. “Saya tetap beli rokok sehari-harinya. Cuman ya itu tadi, beli dibuang beli dibuang. Dan akhirnya, saya merasakan pola itu berhasil hingga sekarang,” tambah dia.

Kini, setelah enam tahun lamanya, Diding sudah terbiasa dengan tidak merokok, walau diajak rekan-rekanya sekalipun. 

 “Kalau sekarang sudah benar-benar total ga ngerokok. Kalaupun ada teman-teman yang merokok di depan saya, ga apa-apa. Sudah ga ngaruh buat saya. Saya sudah ga merasakan enaknya rokok itu seperti apa. Ga ada lagi rasanya,” tutup dia.

So, cara simple Ala Diding ini bisa Anda terapkan jika berniat berhenti merokok. Selamat mencoba.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here