Dindikbud Wacanakan Bangun Museum Mini Palagan Lengkong

Kasie Pelestarian dan Cagar Budaya Dindikbud Tangsel, Ali Susanto

METROTANGSEL.COM, Serpong – Kota Tangsel didorong segera memiliki ikon wisata religi, berupa museum mini maupun cagar budaya yang bisa menjadi destinasi warga.

Kasie Pelestarian dan Cagar Budaya Dindikbud Tangsel, Ali Susanto mengatakan, situs cagar budaya di Kota Tangsel sebenarnya terbilang banyak. Hanya saja, sudah banyak dipugar warga sehingga menghilangkan nilai historisnya.

“Saya ya, kita di bagian pelestarian cagar budaya di Dinas Pendidikan sangat berharap Tangsel punya museum mini nantinya. Isinya, seluruh benda-benda bersejarah yang banyak tersebar di masyarakat,” kata Ali kepada metrotangsel.com, Kamis (8/8).

“Kita wacanakan museum mini yang ada di Palagan Lengkong. Tahu kan, itu yang di Daan Mogot lokasinya. Bangunanya sudah ada kan tuh. Ini akan kita jadikan ikon. Ikon situs cagar budaya. Mudah-mudahan niatan kami bangum museum mini ink didukung semua pihak,” tambahnya.

Tegas Ali, museum mini ini sebenarnya sangat memungkinkan untuk dibangun. Karena hasil kajian tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten, banyak sekali cagar budaya yang dimiliki.

“Museum mini konsepnya kita bikin. Ada foto-foto para pelaku sejarahnya, dan lain-lain. Karena kan, bangunan yang jadi saksi sejarahnya ada di sini, Tangsel. Konsepnya kita contoh museum yang ada di Kota Tangerang. Mudah-mudahan terealisasi,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here