“Kalah Saing” dengan Swasta, Sekolah Negeri Harus Keluar dari Zona Nyaman

METROTANGSEL.COM, Serpong – Prestasi maupun kualitas pendidikan antara sekolah negeri maupun swasta di Kota Tangsel, masih terbilang jomplang.

Terutama dalam sisi prestasi siswa. Ketimpangan kuliatas ini, sepenuhnya bukan salah sekolah negeri saja, di sini swasta pun berperan.

Karena itu, perlu ada perubahan sistem tata kelola yang harus dicontoh sekolah negeri kepada swasta. Sekolah bisa mengadopsi formula marketing seperti memperhatikan demand dan supply.

Atau bisa juga menerapkan rumus 4P dan 1C. Antara sekolah negeri dan swasta harus bisa berkolaborasi, sharing ilmu dalam kaitanya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Tangsel kedepan.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel, Taryono dihadapan forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), di rumah makan Kampung Anggrek, Serpong, Kamis (8/8).

“Bagaimana sekolah swasta bisa menghasilkan pendidikan berkuliatas dan siswa berprestasi. Ini harus dicontoh. Sekolah negeri harus segera keluar dari zona nyamannya,” kata Taryono.

“Saya berharap, melalui forum MKKS ini, sekolah swasta dan negeri bisa berkolaboratif,” tambahnya.

Terkait dengan kualitas sekolah yang menjadi sasaran warga, kata Taryono, sebenarnya semua sekolah bisa menjadi tujuan utama warga menyekolahkan anak-anaknya.

Sekolah yang baru eksis sekalipun bisa mendapatkan murid banyak, karena memiliki cara promosi yang bagus. Artinya, di sini ada sesuatu yang ditawarkan (demand). Sekolah jangan lagi hanya melihat permintaan (supply).

“Tapi demandnya yang harus dikemas. Apa neh yang ditawarkan sekolah, sehingga orang tertarik. Bisa juga menerapkan konsep promosi 4P dan 1C (product, price, place dan promotion) serta customer atau warga sebagai sasarannya,” jelas dia.

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tangsel kedelan, Taryono mengaku jika Dindikbud memiliki berbagai rencana.

Salah satunya pembelajaran berbasis digital, dimana penerapanya menggunakan aplikasi online Tangsel Belajar. “Akan kita menerapkan aplikasi ini kedepanya,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here