Pembahasan APBD Perubahan Dikebut, Demi Amankan Pos Anggaran Strategis

Adi Prayitno

METROTANGSEL.COM, Setu – Pembahasan APBD Perubahan 2019 terus dikebut. Pembahasan yang terkesan “kejar” target tersebut dianggap untuk mengamankan pos anggaran strategis, baik kalangan legislatif maupun eksekutif.

Pengamat politik dan pemerintahan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno mengatakan, dewan yang akan memasuki purna tugas sudah lumrah mengebut pembahasan APBD Perubahan.

“Kecenderungannya memang begitu. Di akhir masa jabatan dewan, biasanya ngebut membahas APBD Perubahan,” jelas Adi saat dihubungi metrotangsel.com, Rabu (14/8).

Kebiasan ngebut ini, kata Adi, lumrah terjadi di hampir lembaga legislatif daerah jelang lengser. Hal itu ada indikasi mengamankan pos alokasi anggaran strategis. “Politik anggaranya di situ,” tegas Adi.

Terkait minimnya kehadiran anggota dewan dalam berbagai rapat paripurna, Adi mengaku tidak kaget dengan fenomena tersebut.

“Dewan tidak terpilih tidak ada kepentingan lagi dalam pembahasan anggaran perubahan,” tandasnya.

Seperti diketahui, Pemkot Tangsel mengusulkan tambahan Rp 3,8 triluan di anggaran perubahan ini. Pembahasan Raperda nya sendiri dalam minggu ini sudah dua kali dilakukan.

Informasi yang dihimpun di lapangan, diinternal dewan sendiri menyebut, meski ketok palunya bisa dilakukan setelah pelantikan dewan baru, setidaknya pembahasannya sudah selesai sehingga dewan baru bisa fokus menyiapkan alat kelengkapan dewan.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here