Dinsos Siapkan Physco Healing untuk Risa, Bocah Disabilitas di Pamulang

METROTANGSEL.COM, Pamulang – Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Tangsel, Wahyunoto Lukman, bergerak cepat merespon keberadaan Risa Putri Massie (10), bocah disabilitas sejak lahir yang diinformasikan butuh uluran bantuan.

Pada Rabu (14/8), Dinsos langsung mendatangi kediaman Risa di Kampung Salak 9 RT 005 RW 004, Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan.

“Pemkot Tangsel melalui Dinsos selalu perhatian dengan respon cepat bagi PMKS yang perlu diberikan bantuan kebutuhan dasar.

Apakah pangan, sandang, atau bantuan alat untuk mandiri,” ungkap Wahyunoto, kepada metrotangsel.com.

Lanjut dia, untuk penanganan penyandang disabilitas ada program rehabilitasi sosial dan kegiatan physico healing atau terapi kesehatan mental.

“Mental penyandang disabilitas lebih perlu kita kuatkan, bisa dibawa di rumah singgah sosial selama jangka waktu tertentu atau dikunjungi di kediaman yang bersangkutan dengan jadwal, tertentu, semua tergantung hasil analisis, pastinya akan selalu ditangani,” tegas sosok humoris ini.

Terkait dengan kelurga Risa,  Wahyunoto menjelaskan jika orangtua Risa sudah terdaftar di Basis Data Terpadu Keluarga Miskin dan menerima BPNT dan PKH.

“Kemudian orangtuanya sudah terdaftar dalam Basis Data Terpadu Kelurga Miskin. Sudah rutin diberi bantuan pangan dan uang utk akses kesehatan melalui program keluarga harapan (PKH),” tegasnya.

Selain itu, Dinsos secara kontinu akan memonitor perkembangn mentalnya melalui sakti peksos (satuan bhakti pekerja sosial) yang mengunjungi Risa secara berkala, sessuai rentang waktu yang dibutuhkan berdasarkan hasil analisa.

“Untuk perkembangn kesehatan, kita koordinasikan dengan program yang ada di Dinkes maupun RSUD.

Tapi untuk terapi mental melalui program rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas, kita berikan psychohealing atau terapi mental untuk mmbangun mental percaya diri Risa,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here