Tersangka WNA Nigeria Pemilik 43 Kapsul Sabu Dilimpahkan ke Kejari Tangsel

Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan menerima penyerahan tersangka dan barang bukti dari Bareskrim Mabes Polri terkait perkara narkotika.

METROTANGSEL.COM, Serpong – Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan, siap mengggelar perkara kepemilikan 43 kapsul sabu dengan tersangka Warga Negara Asing (WNA) Nigeria bernama Eric Konan.

Kasie Pidana Umum Kejari Tangsel, Sobrani Binzar, Rabu (14/8) mengatakan, gelar perkara dilakukan setelah pihaknya merima penyerahan Konan dan barang bukti dari Mabes Polri.

“Pada hari Selasa (13/8) Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan menerima penyerahan tersangka dan barang bukti dari Bareskrim Mabes Polri terkait perkara narkotika atas nama Eric Konan,” terangnya.

Kasus ini bermula saat Konan hendak mengantarkan sabu berbentuk kapsul ke seseorang yang juga asal Negeri, yang sudah menunggunya di Fame Hotel, Gading Serpong.

Nahasnya, belum sempat tiba di lokasi, aksi Konan memasukan kapsul sabu dalam perutnya keburu ketahuan petugas bandara Soetta, 18 Mei lalu.

Banie sapaan akrabnya mengatakan, pengakuan dari tersangka Konan bahwa dirinya dijanjikan upah sebesar 1.000 dollar Amerika oleh temannya asal Nigeria yang bernama Abuschi alias Udoka (belum tertangkap) untuk membawa sabu ke Tangerang.

“Tersangka berangkat dari Nigeria menuju Jakarta dengan menelan 43 kapsul berisikan narkotika jenis sabu-sabu dan setelah dikeluarkan dari perutnya jumlah berat sabu seberat 711 gram dengan alasan agar sabu tersebut tetap hangat,” jelas Bani.

“Dan dia dijanjikan akan dibayar uang sejumlah 1.000 dollar Amerika,” tambahnya.

Lanjut Banie, Konan dan Abuschi telah berkenalan sejak Januari lalu. Dan, Abuschi menawarkan pekerjaan kepada Konan untuk mengantarkan sabu ke Indonesia.

“Karena Konan membutuhkan uang, diterima tawaran tersebut pada bulan April. Dan pada bulan Mei, Konan diberangkatkan menuju Jakarta,” ungkap Banie.

Diketahui sebelumnya, Konan telah dilakukan penahanan di rutan Bareskrim Polri sejak 19 Mei hingga 16 Agustus. Dan, oleh Jaksa Penuntut Umum per Selasa 13 Agustus perkara dilimpahkan ke Kejari Tangsel.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here