Warga Perumahan Laverde Protes Sampah TPS Liar

METROTANGSEL.COM, Serpong Utara – Sejumlah warga perumahan Laverde, Kelurahan Jelupang, Serpong Utara mengeluhkan keberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar sekira 20 meter dari perumahan itu.

Salah seorang warga, Hendro Priyono mengatakan, TPS liar itu sangat mengganggu kenyamanan warga. Ada kekhawatiran anak-anak terkena ISPA dan penyakit lainnya.

“Asap pembakarannya bau bangat kalau malam. Belum lagi lalar dan bau menyengat jika sewaktu-waktu tertiup angin,” jelas Hendor pada metrotangsel.com, Rabu (14/8) di lokasi TPS liar.

Lanjut Hendro, tanah tersebut memang milik warga bernama H Matra. Dan diduga atas ijin pemilik lahan inilah akhirnya sampah banyak dibuang ke situ.

“Saya enggak tahu kalau dari mananya yang buang sampah, karena pas ditanya enggak dibilang dari mana. Ada yang pakai truk ada yang pakai mobil buang sampahnya,” tegas dia.

“Penginnya sih, diangkut sampahnya. Tetangga saya sampa nangis anaknya batuk-batuk,” tambahnya.

Solusinya, warga dan pengurus RT/RW, serta pemilik tanah sudah dimediasi oleh Dinas Lingkungan Hidup agar lokasi itu tidak lagi dijadikan TPS liar.

“Sudah ada pertemuan dan tindakan dari DLH Tangsel. Termasuk akan diratakan dengan tanah,” jelasnya.

Sementara Kasie Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Rastra Yudhatama menegaskan, pihaknya langsung merespon keluhan warga sekitat terkait keberadaan TPS liar yang dikeluhkan.

“Kita hari ini menurunkan beko untuk meratakan sampahnya. Kita juga melibatkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan untuk sama-sama membereskan masalah ini,” kata Yudha ditemui di lokasi.

Sebenarnya, tambah Yudha, DLH sudah empat hingga lima kali terjun langsung ke lokasi untuk memastikan penanganan sampahnya. “Akan kita ratakan dengan tanah sampahnya,” sebutnya.

DLH sendiri sudah bertemu dengan warga pemilik lahan, H Matra serta warga perumahan Laverde untuk mendapatkan solusinya kedepan.

“Pemilik tanah sudah menutup lahan ini agar tidak dijadikan tempat pembuangan sampah lagi. Dan setuju, tidak ada lagi sampah yang akan dibuang ke sini,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here