Dahaga Proyek Flyover Simpang Gaplek Garapan KemenPUPR Berakhir Kilmaks

METROTANGSEL.COM, Serpong – Harapan Pemkot Tangsel bisa mengurai kemacetan yang cukup crowded di simpang gaplek, Pondok Cabe, Pamulang, akan segera terealisasi.

Pasalnya, rencana pembangunan jalan sepanjang 1 km tersebut yamh diibaratkan “dahaga” bertahun-tahun itu, berakhir dengan klimaks setelah adanya tandatangan kontrak kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), pekan lalu.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengungkapkan rasa syukurnya atas teken kontrak ini, yang secara tekhnis menandai proyek itu sudah bisa dilaksanakan.

Kendati proyek multiyears ini sepenuhnya bukan garapan Pemkot Tangsel atau proyek pemerintah pusat, setidaknya kemacetan di lokasi itu bisa terurai dengan adanya flyover nantinya.

Terutama dari arah Ir H Juanda Ciputat menuju terminal Pondok Cabe dan sebaliknya. Selain itu, jalan itu nantinya juga bisa dilalui MRT yang akan melintasi Kota Tangsel.

“Ini proyek pusat yang ada di Tangsel. Kita mengusulkan saja ke Kementerian PUPR,” jelas Benyamin.

“Saya kurang tahu sistem penganggaranya seperti apa, tapi sudah tandatangan kerjasama. Secara tekhnis sudah akan dimulai pengerjaanya,” kata sosok yang akrab disapa Bang Ben ini.

Lanjut Bang Ben, usulan pembangunan jalan tersebut sebenarnya sudah cukup lama dan melalui sejumlah kendala yang cukup kompleks, termasuk juga adanya penolakan dari warga hingga digugat ke pengadilan.

“Tahun ini akan dimulai. Itu sudah lama usulan kita sebenarnya. Alhamdulillah, termasuk juga sebelumnya kita usulkan flyover Pasar Serpong. Tapi yang Gaplek dulu disetujui,” jelasnya.

“Pembebasan dan pembayaran tanah warga juga sudah selesai 100 persen. Ada beberapa yang dikonsinyansi di pengadilan, tapi semua sudah selesai,” tambahnya.

Diketahui, jembatan layang itu akan membentang lebih kurang sepanjang satu kilometer. Dengan ruas jalan selebar 35,5 meter dengan empat ruas jalan.(sam/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here