Kecam Rasisme, Aliansi Mahasiswa Gelar Unjuk Rasa di Depan UIN

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Timur Melanesia  (AMTM) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ciputat Tangsel. Selasa (20/8).

Mereka menuntut Pemerintah pusat segera bertindak secara hukum terhadap pelaku ujaran rasis terhadap orang Papua.

Koordinator Aksi Fajar Chuan menyayangkan adanya ujaran rasisme terhadap orang Papua yang menyulut perpecahan diantara bangsa Indonesia.

“Seharusnya ini menjadi evaluasi terhadap pemerintah untuk bagaimana memperlakukan masyarakatnya, ujaran rasis tersebut keluar dari mulut aparat sendiri sebagai patron dari pemerintah,” ungkap Fajar kepada wartawan.

Fajar menegaskan, dengan adanya aksi unjuk rasa tersebut, pihaknya menuntut kepada sejumlah elemen pemerintah untuk segera bertindak tegas kepada pelaku yang menyulut perpecahan tersebut.

Adapaun sejulah tuntutan Aliansi Mahasiswa Timur Melanesia dalam aksi tersebut diantaranya, meminta kepada TNI/POLRI agar segera meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat Papua. 

Dan harus memberikan jaminan atas keberadaan orang Papua untuk bisa berekspresi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain itu, para mahasiswa juga meminta kepada Presiden Jokowi agar segera mengambil sikap dan langkah atas adanya tindakan yang telah dilakukan oleh oknum TNI/POLRI yang melakukan diskriminasi kepada orang Papua.

Meminta kepada Komnas HAM agar segera mengusut tuntas kasus refresif terhadap orang Papua. (den/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here