Tuntut Minta Maaf, Aliansi Mahasiswa Desak Jokowi datang ke Papua

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Aliasi Solidaritas Mahasiswa Papua di Tangerang Selatan (Tangsel) mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta maaf secara langsung kepada warga Papua. 

Hal itu disampaikan salah seorang Mahasiswa Papua saat menggelar unjuk rasa di depan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Jalan Ir. H. Juanda, Ciputat, Tangsel, Selasa (20/8)

Permintaan maaf itu untuk meredam gejolak yang terjadi lantaran perlakuan rasisme yang diterima oleh mahasiswa Papua di Surabaya, Jumat (16/8) lalu.

“Kami meminta agar Presiden untuk segera menyelesaikan masalah ini, dan turun ke daerah (Papua) meminta maaf langsung kepada kepala daerah kami,” ucap Sabil Rosyadi Puarada, orator dalam aksi tersebut. 

Dalam orasinya, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) itu mengatakan, persatuan tak akan terwujud, selama masih ada persoalan rasisme di Indonesia.

“Kami tidak terima dikatakan monyet. Kita dengan kulit hitam, rambut keriting, orang asli Indonesia,” tutur Sabil. 

Dengan persoalan rasisme itu, lantas ia mempertanyakan semboyann Negara ini, yaitu Bhineka Tunggal Ika (Berbeda-beda Tetapi tetap Satu). 

“Dimana Bhineka Tunggal Ika? Justru kami ramai-ramai yang berkulit hitam, berambut keriting tinggal di Timur mendoakan masyarakat di Jawa, di Kalimantan. Kita tidak pernah memandang suku, memandang ras, dan agama sekalipun,” tegasnya. (den/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here