BPBD Suplie 24 Ribu Liter Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kemarau Ekstrim

METROTANGSEL.COM, Setu – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangerang Selatan Mengidentifikasi tiga lokasi wilayah di kota itu, yang mengalami kekeringan akibat kemarau ekstrim saat ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel, Hasyim mengatakan, tiga wilayah yang diidentifikasi itu yakni Kampung Koceak, Perumahan Pesona Serpong dan Perumahan Pesona Prima.

“Kalau jumlah kk, Perumahan Pesona Serpong ada 225 Kepala Keluarga, sementara di Kampung Koceak 125 lebih Kepala Keluarga terdampak kekeringan,” jelas Hasyim ditemui di Kampung Koceak, Kamis (22/8).

Guna membantu warga mendapatkan air bersih, BPBD, kata dia, sejak dua hari terakhir menyuplie air bersih ke dua lokasi terdampak yakni Pesona Serpong dan Kampung Koceak.

“Kalau air kita suplie total ada 16 ribu liter untuk Pesona Serpong dan 8 ribu liter di Kampung Koceak,” tegas Hasyim lagi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel, Hasyim.

Dikatakan Hasyim, kemarau saat ini terbilang sangat ekstrim dan masih berlangsung lama. Diperkirakan hingga bulan November mendatang. Meski masih lama, BPBD memastikan stok dan air bersih ke warga cukup tersedia.

“Kalau stok air, amanlah. Cukup banyak hingga bulan November,” tandas Hasyim.

Terkait dengan dampak kesehatan akibat musim kemarau ini, Hasyim mengatakan sejauh ini belum ditemukan. “Saat ini belum ada, belum ditemukan yang terdampak penyakit,” kata Hasyim.

Sementara salah seorang warga, Subhan (40) mengatakan, kekeringan di Koceak sebenarnya sudah lebih dari tiga bulan. Selama itu, mereka bertahan menggunakan air kali Salak untuk mandi dan cuci pakain. 

“Kalau untuk minum, kita beli air galon. Sudah tiga bulan ini kering. Susahp bangat dapatin air,” urai Subhan. 

Maka tak heran, ketika ada suplie air bersih dari BPBD mereka nampak begitu senang. Sejumlah peralatan penampungam air seperti jerigen, ember hingga galon langsung diisik ketika mobil tangki air BPBD tiba di lokasi. 

“Alhamdulillah ada bantuan air bersih dari pemerintah,” tutup Subhan.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here