Mau Tangsel Segera Dilanda Hujan, BPBD Ajak Warga Shalat Istisqo

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel, Hasyim.

METROTANGSEL.COM, Setu – Tiga wilayah di Kota Tangsel sementara ini, sudah teridentifikasi mengalami kekeringan akibat kemarau ekstrim. Diindikasi kekeringan ini masih berlangsung lama, warga disarankan shalat Istisqo atau minta hujan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel Hasyim menyarankan agar seluruh elemen masyarakat melakukan shalat Istisqo atau minta hujan agar kekeringan yang melanda sebagain wilayah Tangsel bisa teratasi.

“Karena air kebutuhan mendasar dan semua berhajat pada air. Kita akan berkordinasi dengan ustad di Kampung Koceak ini agar bisa dilaksanakan shalat Istisqo,” kata Hasyim, kepada metrotangsel.com, Kamis (22/8).

“Untuk sementara ini, kami hanya bisa sampaikan bersabar, karena ini musim kemarau yang tidak bisa dihindari,” tambahnya.

Ditanya kapan akan dilaksanakan shalat Istisqo ini, akan diimbau ke masyarakat terlebih dahulu. “Berdoa kan penting juga. Nanti akan kita imbau ke masyarakat waktunya,” jelasnya. 

“Tadi saya sudah bicara dengan ustadnya. Katanya, lihat sikon. Kalau kekeringan masih panjang, akan kita hubungi masyarakat,” tandas Hasyim.

Ia juga meminta warga yang kekurangan air bersih untuk melapor, tidak berdiam diri. BPBD sendiri dalam hal mensuplie air bersih, ada mekanisme pemantauan lapangan dan kerjasama dengan masyarakat.

Terkait suplie air ke kampung Koceak, bukan laporan masyarakat melainkan inisiatif BPBD turun ke lapangan. Karena, kata Hasyim, biasanya ada laporan Ketua RT 

“Kami imbau masyarakat untuk segera melapor kalau kebutuhan air menipis,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here