Ini Pertolongan Pertama Usai Tergigit Ular Weling

METROTANGSEL.COM, Serpong – Kasus tewasnya Satpam Perumahan akibat digigit ular jenis Weling membuat masyarakat makin waspada terhadap ular berbisa.

Dan memang, sebagai salah satu spesies ular berbisa, gigitan ular Weling sangat perlu diwaspadai.

Gigitan ular Weling akan mulai berefek di jam ke 5 hingga jam ke 20setelah gigitan. Oleh sebab itu masih ada waktu 5 jam untuk lakukan pertolongan pertama usai tergigit ular Weling.

Berikut beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan setelah tergigit ular Weling yang dikutip dari liputan6.com.

1. Tetaplah bersikap tenang dan jangan panik setelah tergigit ular Weling.

2. Korban gigitan ular Weling diharapkan meminimalisir membuat gerakan. Posisikan bagian yang tergigit lebih rendah dari posisi tubuh lainnya.

3. Bersihkan bagian yang tergigit dengan tangan. Jangan membilasnya dengan air. Jika sudah bersih maka tutuplah bagian tergigit dengan kain kering yang bersih.

4. Jangan memakai cincin atau jam tangan di bagian tubuh yang tergigit. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi serta menghindari luka gigitan menjadi membengkak.

5. Melonggarkan pakaian yang dipakai, agar sirkulasi pernafasan berjalan lancar. 

6. Bila sudah melakukan 5 langkah ini, segera mencari pertolongan medis.

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah tergigit ular Weling

Jika tidak ditangani secara benar, gigitan ular Weling bisa berakibat fatal yang menyebabkan risiko kematian. Oleh sebab itu, jika kamu tergigit ular Weling maka kamu tidak boleh melakukan beberapa hal ini.

1. Jangan berusaha memanipulasi luka, seperti menyedot bisa ular dari tempat gigitan, hingga menyayat kulit bagian tergigit untuk menghilangkan luka gigitan.

2. Dilarang untuk menggosok bagian tergigit dengan zat kimia. Hindari juga mengompres bagian tergigit dengan air panas atau es.

3. Salah satu upaya pertolongan pertama ialah mengikat bagian terluka dengan kain kering yang bersih. Namun jangan sampai mengikatnya terlalu kencang, karena bila terlalu kencang maka akan mempercepatnya timbulnya gejala dari efek bisa ular Weling.

4. Jangan minum minuman alkohol atau kopi terlebih dahulu. Karena tubuh sedang beradaptasi untuk menangani secara alami bisa yang akan masuk ke dalam tubuh. (asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here