Duh, Omset Rumah Makan Turun Gegara Kabel Putus

METROTANGSEL.COM, Serpong – Kabel putus dan semrawut di Jalan Raya Rawabuntu, kembali dikeluhkan pemilik rumah makan di lokasi ini. Senin (27/8), kabel putus dijumpai di depan rumah makan Soto Wong Kudus.

Juntaian kabel tersebut masih menjadi pertanyaan masyarakat, apakah kepunyaan PLN atau kabel Fiber Optik (FO).

Salah seorang staf Wong Kudus, Alfian mengatakan, kabel yang terlepas dari tiang penyangga di depan lokasi usahanya lepas sejak kemarin malam. 

“Kalau kabel yang di depan itu, sering putus dan sudah beberapa kali diperbaiki oleh petugas PLN atau vendor mungkin saya juga ga ngerti. Ikatanya kendor dan suka loss hampir setengah dari tiangnya,” katanya. 

“Kalau dari kita ga berani benarin, takut kesetrum. Makanya di ujung kabel putus, kita ganjal batu aja. Kita nunggu aja ada yang benarin,” tambahnya. 

Kondisi itu, jelas Alfian, setidaknya minat konsumen yang hendak makan untuk mampir makan. “Ngaruh juga sama pelanggan yang mau makan. Takut ujung kabelnya ada aliran listriknya,” tandasnya. 

Dikonfirmasi keberadaan juntaian kabel yang sangat merusak estetika di beberapa titik di Tangsel, Bernanto selaku bagian komunikasi Unit Induk Distribusi PLN Banten mengatakan, kabel semrawut itu bukan punya PLN melainkan kabel fiber optik.

“Selama ini memang kabel fiber optik sangat mengganggu pemandangan tiang-tiang di jalan,” ujar Bernato.

Tin K3 dari PLN ikut memonitor terkait kondisi kabel-kabel PLN agar tidak membahayakan masyarakat, dan pada dasarnya kabel PLN sangat berbeda dengan kabel FO itu. “Kalau kabel PLN posisi nya ada paling atas di tiang atau sekitar lima meter dari permukaan tanah,” jelasnya. 

“Untuk pemasangan kabel FO mereka menggunakan tiang sendiri, mestinya dari Dinas Pekerjaan Umum atau pemda setempat yang menertibkan, bukan PLN. Kan surat ijin kabel FO mereka diajukan ke pemda setempat, dan ngga terkait dengan PLN ,” tambahnya.

Bernanto menegaskan, kabel FO itu biasanya bulat kayak kabel Antena, dan ada tulisan dalam kabelnya.

“Beda dengan kabel PLN mas, biasanya kabel PLN berada lebih tinggi dan tidak ada tulisan di kabelnya, dan biasanya kabel PLN itu nempel bergandengan melilit,” kata Bernanto.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here