Kepala Kemenag Tangsel : Figur Calon Wali Kota Tangsel Harus Toleran

H.Abdul Rojak

METROTANGSEL.COM, Serpong– Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan, Abdul Rojak mendorong masyarakat setempat untuk memilih calon walikota yang benar-benar paham dan toleran terkait pentingnya kerukunan umat beragama.

Kata Abdul Rojak, dari sebuah kota perlu lahir pejabat-pejabat yang toleran. Tidak boleh diskriminatif, berpikiran sempit, apalagi sampai melarang kebaktian-kebaktian yang dilakukan oleh umat beragama ini.

“Makanya kalau mau pilih wali kota Tangerang Selatan ke depan, pilih wali kota yang toleran. Pilih wali kota ini yang benar-benar memahami arti pentingnya kerukunan sebuah umat beragama,” tekan Abdul Rojak dalam sambutanya di acara dialog lintas agama menuju smart city, di Serpong, Rabu (28/9).

Dikatakan Rojak, demografi Kota Tangsel ini masyarakat majemuk, heterogen. Semua agama ada di kota tersebut.

Berbagai macam ritual dan perayaan juga bisa ditemukan di kota termuda di Provinsi Banten ini. 

“Jadi figur tampilan calon wali kota harus benar-benar mengayomi, menaungi, melindungi aneka ragam keyakinan yang ada di Tangsel. Makanya figur wali kota harus toleran, harus menghargai perbedaan,” tegasnya. 

Kata Sekretaris MUI ini, berdasarkan survei Setara Institusi beberapa waktu lalu, indeks toleransi kehidupan masyarakat di kota ini tergolong biasa-biasa saja. 

Ada di urutan 54 dengan skors 4,54 dengan label “smart city”, Tangsel nyatanya kalah dengan Kota Salatiga dan beberapa kota lain di peringkat 10 teratas. 

Terkait Smart City, kata Rojak, itu sebagai sebuah gagasan dalam peningkatan pelayanan, percepatan pelayanan. 

“Bagus. Tapi kalau dalam rangka perwujudan sebuah kota yang toleran dan lain sebagainya, itu perlu ada dukungan variabel dan lain sebagainya, yang harus dilakukan bersama-sama,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here