Komporisasi Sedekah Resep Ala Dekopinda Dorong IRT Meng-Created Mesin Uang Sendiri

ilustrasi : art prof

METROTANGSEL.COM, Serpong – Badan Komunikasi Wanita Koperasi (BKWK), salah satu lembaga Tekhnis Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) terus mendorong ibu rumah tangga (IRT) menghasilkan mesin uang sendiri hanya dengan usaha di rumah. 

Caranya, BKWK melakukan komporisasi terhadap ibu-ibu ini melalui program sedekah resep keliling yang saat ini sudah menjangkau sedikitnya 10 kelurahan.

Selain itu, juga bekerjasama dengan Badan Pengembangan Ekonomi Perempuan (PEPI).

“Kita targetkan seluruh kelurahan bisa terjangkau melalui program sedekah resep BKWK dan Dekopinda,” ungkap Endang Iriyani, Ketua BKWK Dekopinda Tangsel.

Dari satu resep yang diajarkan, kata Endang, biasanya mampu menghasilkan sedikitnya lima olahan makanan oleh komunitas usaha rumahan ini.

Meski remeh temeh, tapi ibu-ibu ini atau yang akrab disebut smart mom ini merasakan manfaat olahan resep yang diajarkan. 

“Jadi sedekah resep ini benar-benar menjangkau masyarakat. Pengembangan ekonomi kerakyatan oleh Dekopinda melalui kerjasama BKWK dan PEPI berjalan untuk menumbuhkan semangat ibu-ibu menghasilkan mesin uang dari rumah,” tegas Endang. 

Dijelaskan Endang, satu titik pelatihan, pesertanya mencapai 50 orang.  Lebih diutamakan adalah peserta baru.

“Kita harapkan bisa mengembangkan targetnya satu adonan dapat menjadi lima jenis kue,” bebernya.

Ketua Dekopinda Tangsel, Dudung E Diredja menyampaikan program sedekah resep  telah dilakukan di sepuluh titik kelurahan. 

Dari pelatihan yang digulirkan telah menghasilkan 500 orang, dengan lokus utama pelatihan membuat kue dulu.

Dijelaskan Dudung, gairah agar ibu-ibu mau berusaha dan menjadi entrepreneur perlu didorong dan disemangati. 

“Jadi, saat mereka ikut pelatihan bukan hanya ikut-ikutan tapi bagaimana lahir dalam dirinya tekad kuat menjadi pelaku usaha. Jika sudah memiliki tekad kuat akan lebih mudah mengikuti ritme dan mengatur usahanya,” jelas mantan Sekda ini.

“Harapanya kedepan, melalui program sedekah resep ini, ada satu produk unggulan yang kelak dihasilkan dan endingnya, produk tersebut akan dipasarkan secara luas di seluruh gerai UMKM maupun pasar tradisional,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here