Hindari Modus Penipuan, Simak Aturan Sewa Apartemen Sebenarnya

METROTANGSEL.COM, Serpong – Modus operandi dalam melakukan aksi kejahatan, seperti penyewaan apartemen kian canggih. Korbanya pun cukup banyak. 

Mantan Wakil Ketua Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Banten, Junaedi angkat bicara terkait maraknya korban penjualan penjualan maupun penyewaan apartemen fiktif ini. 

Menurutnya, seharusnya setiap penjualan apartemen ataupun properti komersil haruslah mengacu kepada Undang-undang Real Estate Nomor 1 tahun 2011, dan UU Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

“Salah satu syarat penjualannya harus sudah melengkapi dokumen kepemilikan dan pembangunan, sudah berjalan 20%, serta ada unit contohnya,” kata dia.

Junaedi

Dan bagi masyarakat yang ingin menyewa  unit apartemen, Junaedi mengimbau  agar calon penyewa bisa bertemu langsung ke pemilik unit.

“Karena itu, saya imbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Tangsel khususnya  untuk lebih waspada dan tidak tergiur harga murah yang ditawarkan. Baiknya telisik dulu aturan dan kebenaran unit-unit rumah atau apartemen yang akan dijual atau disewa,” imbaunya.

Disisi lain, Kapolsek Serpong, Komisaris ST Luckyto saat mengamankan tiga tersangka penyewaan apartemen fiktif di Serpong, Kamis (5/9) juga mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk tidak mudah terpancing tawaran pelaku. 

“Kami mengimbau kepada masyarakat, dengan modus penyewaan apartemen fiktif untuk tidak cepat tergiur, tidak cepat terayu dengan adanya hal-hal yang mungkin menggiurkan seperti ini, karena pada akhirnya sangat merugikan masyarakat itu sendiri,” tandasnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here