ICC Polres Tangsel, dari Mata-Mata Media hingga Layani Seluruh Aduan Warga

METROTANGSEL.COM, Serpong – Mapolres Tangsel kini memiliki pusat layanan terintegrasi atau integrated command centre (ICC) yang diresmikan oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono, Kamis (19/8).

Salah satu yang menarik dari ICC ini adalah adanya “mata-mata media”. Namanya Intelenje Media Manajemen. 

“Di IMM ini kita bisa melihat isu-isu yang sedang viral di media sosial maupun media cetak online atau televisi,” ungkap Kasatlantas Polres Tangsel, Ajun Komisaris Lalu Hedwin Hanggara, saat menunjukan langsung ruang ICC yang diresmikan. 

ICC sendiri merupakan pusat pemantauan lalu lintas serta call centre 112 pengaduan masyarakat di wilayah hukum Tangsel.

Lalu menerangkan bahwa ICC ini didalamnya terdapat  lima program yang fungsinya akan melayani masyarakat. Salah satunya tadi, Intelejen Media Manajemen.

Selain itu, pusat pengendalian integrasi terpadu Polres Tangsel lainnya, adalah Lapor Tangsel, yang dikembangkan melalui aplikasi android. 

“Masyarakat tinggal download dan menuliskan identitas serta keterangan untuk membuat LP, surat kehilangan, SKCK dan sebagainya,” tutur Lalu.

Tambah Lalu, di ICC juga pemasangan CCTV yang tersebar di 15 titik traffic light wilayah hukum Tangsel guna memantau arus lalu lintas.

“Terakhir ada ATCS yang disebar di 13 titik bekerjasama dengan Dishub Tangsel fungsinya adalah mengontrol dari jarak jauh ritme lalu lintas,” ucapnya.

Tentunya, dengan adanya beberapa program di ICC Polres Tangsel, Lalu berharap masyarakat di Tangsel bisa terlayani dengan baik oleh petugas Kepolisian.

“Harapannya bisa mempermudah konfirmasi dan kerjasama dengan instansi yang ada di Tangsel dalam rangka melayani kebutuhan masyarakat, akan kebutuhan dan kehadiran petugas, jadi cepat terintegrasi,” pungkasnya.

Sementata Irjen Gatot mengatakan dengan hadirnya call centre ini diharapkan dapat membantu masyarakat jika terjadi gangguan-gangguan yang ada di lingkungannya.

“Harapannya dengan ditandatangani MoU (Memorandum of Understanding) oleh walikota Tangsel akan ada percepatan-percepatan karena melalui call centre ini nanti masyarakat akan terlayani dengan baik,” papar Gatot.

Gatot mencontohkan, jika masyarakat Tangsel melaporkan gangguan ke 112, petugas dari Polres Tangsel akan segera mendatangi lokasi secara cepat.

“Siapapun yang nanti melaporkan ke 112 itu akan didatangi oleh petugas-petugas yang berhubungan. Apakah itu berhubungan dengan gangguan kriminal maupun hal lainnya,” jelasnya. 

Gatot mencontohkan, kalau berhubungan dengan kebakaran petugas pemadam kebakaran yang akan datang, kalau berhubungan dengan masyarakat yang sakit nanti dari dinas kesehatan itu sudah sudah secara otomatis akan datang. “Jadi prosesnya paling lama 7 menit,” tegasnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here