26 Bus Transjakarta Terbakar di Pondok Cabe, Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar

METROTANGSEL.COM, Pamulang– Puluhan bangkai bus Transjakarta yang diparkir di Pull Primajasa, Jalan M. Toha (Ciputat-Parung) Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangsel, Jumat (27/9) siang ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Guna memadamkan api, sedikitnya 20 puluh unit pemadam kebakaran dari Kota Jakarta, Kabupaten Bogor dan Depok ikut diterjunkan ke lokasi. 

Kilatan api yang mengeluarkan asap pekat hampir menyambar atap rumah warga sekitar, yang bermukim tidak terlalu jauh dari lokasi kejadian.

Tidak ingin menjadi korban kebakaran, warga berhamburan keluar berusaha menjauh dari lokasi.

Sejumlah balita yang belum tahu apa-apa, juga nampak teriak histeris.

“Awas menjauh! Selamatkan diri, anak-anak jangan pada di sini,” teriak seorang warga di lokasi.

Hingga pukul 16.00WIB, asap hitam masih membumbung tinggi di langit.

Warga menduga puluhan unit bangkai bus Transjakarta terbakar di Pool Bus itu akibat disambar api pembakaran sampah yang tidak jauh dari titik pool berada.

“Kayaknya kesambar api bakaran sampah, tadi emang ada yang bakar-bakar sampah. Karena kondisi tertiup angin, api dengan cepat bertiup ke arah pool mungkin,” kata salah seorang warga, Risma, yang ditemui di lokasi.

Menurut Risma, warga sebenarnya sudah lama memendam rasa kesal karena sekitar lokasi pool bus kerap ada yang bakar sampah sembarangan.

“Memang warga juga kesal, tengah hari bolong bakar sampah mulu. Asapnya masuk ke rumah, akhirnya kejadian kan kebakaran hebat kaya gini,” keluh Risma.

Di lokasi sama, Kapolsek Pamulang, Kompol Hadi Supriatna, mengatakan, bus yang terbakar tersebut jumlahnya ada 26 bangkai bus.

“Seluruh bus itu 31 tapi yang terbakar 26 bus,” ujar Hadi di lokasi.

Ia mengatakan, bus milik Primajasa itu sudah sekitar lima tahun berada di pool tersebut.

“Kalau lamanya sudah ada lima tahunan. Itu bus transjakarta yang pertama kali sekali ini,” tutupnya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatam Kota Tangsel, luas area lahan yang terbakar itu seluas seribu meter milik warga bernama Syawal.

Diperkirakan, kebakaran yang diduga percikan api dari pembakaran sampah itu mencapai Rp 1 miliar.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here