Diskominfo Tangsel Luncurkan Program SIPINTAS, Airin: Keterbukaan Informasi Suatu Kewajiban

    Airin Rachmy Diani
    METROTANGSEL.COM, Ciputat- Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Tangsel, meluncurkan program Sistem Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Kota Tangerang Selatan (SIPINTAS). Manfaatnya, meningkatkan kualitas pelayanan informasi di kota tersebut.
    “Kita ingin meningkatkan kapabilitas, kemampuan atau skill dari PPID di OPD masing-masing,” ungkap Kepala Bidang Humas dan Pengelolaan Informasi pada Diskominfo Kota Tangsel Irfan Santoso.

    Lanjut Irfna, SIPINTAS ini merupakan program layanan untuk meningkatkan PPID Tangsel, didalamnya terdapat Perwal, Kepwal, informasi publik yang dikecualikan, serta website berbasis mobile yang bisa diakses oleh siapa saja melalui e-ppid.tangerangselatankota.go.id

    “Website berbasis mobile ini dibuat agar masyarakat dapat mengakses lebih mudah, masyarakat  bisa men-download program atau informasi yang tersaji dalam web,” tambahnya.

    Selain itu, Diskominfo membuat ruang pelayanan yang letaknya di gedung 3 Puspemkot Tangsel.

    “Ruang pelayanan pengaduan atau PPID ini bisa diakses oleh siapapun, dan ada petugas yang berjaga setiap harinya, ruang pelayanan ini dibuat senyaman mungkin, bagi masyarakat atau PPID Pembantu ingin melakukan diskusi atau menyampaikan sesuatu pengaduan, bisa datang langsung ke ruang layanan yang buka pada Pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, di hari Senin hingga Jumat,” jelasnya.

    Sementara itu Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany yang membuka kegiatan itu menjelaskan, PPID menjadi keharusan dan kewajiban menyampaikan informasi.

    Lanjut Airin, keterbukaan informasi menjadi keharusan dan kewajiban. Namun, soal keterbukaan informasi tersebut telah diatur dalam regulasi.

    “Kita lihat mana yang boleh dan tidak, bukan untuk menutupi, namun kepentingan yang jauh lebih besar. Bapak Ibu disumpah untuk menjaga kerahasiaan Negara, ada beberapa hal yang tidak perlu disampaikan, tetapi disatu sisi jangan juga kita berlindung, seolah-olah rahasia Negara, padahal masyarakat wajib tahu, dan kita memiliki kewajiban untuk memberitahukannya,” pungkasnya.(rls/asn)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here