Walikota Airin Harapkan Warga Tangsel Sadar Hukum

METROTANGSEL.COM, Bale Kota – Walikota Tangsel Airin Rachmi Riany memberikan apresiasi pada kelompok Sadar Hukum (Kadarkum) yang dibina oleh Bagian Hukum Setda Kota Tangsel.

Lima kelompok dari lima kecamatan mengikuti cerdas cermat tentang hukum.

Airin mengatakan setiap warga negara wajib tahu hukum dibuat berdasarkan norma, azas yang diberlakukan sejak dulu dan dibuat secara tertulis.

Jadi jika ada warga tidak mengetahui hukum itu salah.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bentuk sosialisasi kepada masyarakat apa itu hukum, norma serta azas dan etika. Harapannya dengan target capaian perastasi maka akan menimbulkan motivasi kendati juara bukan segala-galannya,” ungkapnya di Balai Kota Tangsel, Ciputat pada 17 September 2019.

Karena lanjutnya, proses sadar hukum akan tumbuh secara berangsur-angsur dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat.

Demikian dipertegas oleh Kepala Kantor Wilayah Hukum Provinsi Banten Kemenhum HAM Imam Suyuthi bahwa satu hal yang harus perlu diwujudkan bersama dalam implementasi kesadaran hukum di  tengah masyarakat. Adapun lomba Kadarkum sebagai sarana saja dan bukan menjadi satu tujuan utama.

“Oleh karana itu setidaknya apa yang kita dapatkan dari semua materi-materi yang didapatkan tidak hanya sekedar dihafalkan. Tapi menjadi bagian yang bisa merubah dan membawa pelaksanaan implementasi perubahan sikap dan perilaku kita di tengah masyarakat. Tentu akan menjadi satu jejaring dan informasi kepada seluruh anggota di lingkungan masing-masing,” ucapnya.

Harapan ke depan, melalui lomba Kadarkum setidaknya akan membawa pengaruh membawa perubahan lingkungan kita menyikapi perundang undangan yang dipelajari ini dapat bermanfaat bukan sekedar menghafal saja. 

Pihaknya menberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkolaborasi terciptanya satu komponen gerakan sadar hukum. (rls/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here