Dindikbud Rangsang Minat Warga Lestarikan Situs Cagar Budaya Lewat Pameran Foto Ikonik

METROTANGSEL.COM, Serpong -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel terus berupaya melestarikan situs cagar budaya di kota tersebut lewat berbagai cara.

Pada Sabtu (19/10), rangkaian kegiatan yang difokuskan oleh Bidang Budaya, khususnya seksi cagar budaya menggelar pameran foto situs cagar budaya, di Taman Jaletreng, Serpong, Kota Tangsel.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, Kepala Dinas Pendidikan Taryono serta budayawan Tb Sos Rendra.

Dalam sambutanya, Benyamin menyampaikan bahwa pameran foto budaya ini adalah upaya pemerintah melalui Dinas Pendidikan untuk terus melestarikan sejarah buat generasi berikutnya. Sehingga mereka ini kelak mengetahui dan memahami perjalanan sejarah Kota Tangerang Selatan.

“Budaya-budaya yang ada di kota Tangerang Selatan ini, situs-situs nya banyak apalagi kalau kita berupaya untuk menggali situs-situs tadi,” tegas Bang Ben.

“Pameran ini merupakan rangkaian dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan beberapa waktu sebelumnya, sepanjang tahun kemarin. Antara lain menulis cerita kemudian kunjungan ke situs-situs cagar budaya kita dan nanti akan diselenggarakan juga kegiatan pameran buku nya,” tambah Bang Ben.

Dikatakan Ban Ben, pembangunan yang dilaksanakan haruslah adalah pembangunan yang tidak tercabut dari akar budayanya. Pembangunan yang berhasil capai menurutnya, bukan saja kemajuan fisik akan tetapi kemajuan fisik harus diimbangi dengan kemajuan perilaku.

“Serta kemajuan cara berpikir yang tetap mengindahkan dan berpijak pada nilai-nilai kearifan setempat. Yang kita harapkan dengan pameran foto situs cagar budaya ini, mudah-mudahan ini akan menjadi cara kita untuk terus menjaga kelestarian budaya Kota Tangerang Selatan,” tegasnya.

Sementara itu, Kasie Cagar Budaya dan Kemuseuman di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ali Susanto menambahkan, pameran foto ini sengaja dilakukan guna merangsak minat masyarakat belajar dan mau melestarikan situs cagar budaya. 

Kasie Cagar Budaya dan Kemuseuman di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ali Susanto

“Dengan bukti foto sigus cagar budaya yang kita pamerkan saat ini, diharapkan masyarakat kita terangsang niatnya untuk datang dan mempelajarinya langsung di lapangan. Itu yang goalsnya yang kita harapkan,” tegas Ali. 

“Tujuanya itu tadi, memperkenalkan kepada masyarakat. Tadi kita undang ibu-ibu, pelajar. Ada satu keinginan masyarakat lebih mengenal cagar budaya di Tangsel. Jangan sampai masyarakat kita hanya tahu namanya saja, tapi tidak mau ke lokasinya,” bebernya.

“Foto yang kita pamerkan ini, adalah hasil penelitian yang kita ambil beberapa waktu lalu. Mudah-mudahan kedepanya, masyarakat semakin berminat untuk mengenal situs cagar budaya kita dan melestarikannya juga,” tutupnya.(adv)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here