Antisipasi Korban Berjatuhan, Pemkot Tangsel Larang Truk Tanah Beroperasi Siang Hari

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Pemerintah Kota Tangsel memastikan akan melakukan pengaturan ulang seluruh koridor jam operasional truk bertonase diatas 8 ton.

Pengangkut tanah hanya boleh beroperasi di malam hari mulai pukul 21.00 hingga 05.00wib. 

Tidak terkecuali truk tanah milik pengembang sekalipun. Kecuali, mobil pengangkut BBM dan Sembako dibebaskan melintas kapan saja. 

“Akan kita atur ulang jadwal larangan melintas ini. Kita tidak mau ambil resiko lagi dengan banyaknya korban jatuh atau keselamatan warga Tangsel. Truk bertonase besar hanya boleh melintas mulai pukul 09wib malam hingga jam 5pagi,” jelas Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, kemarin.

Bang Ben meminta seluruh pihak bisa mentaati peraturan baru ini nanti, dan memanfaatkan sebaik mungkin jam operasional malam hari ini.

Jika saat ini pengembang, contohnya, hanya memiliki 10 unit angkutan, silahkan ditambahkan jadi 20 misalnya. 

“Silahkan dimaksimalkan sampai menjelang jam 05.00pagi. Kalau untuk pengangkut BBM dan sembako ada pengecualinya, diperbolehkan melintas kapan saja,” tambahnya. 

Aturan ini, jelas Bang Ben, akan diberlakukan di seluruh koridor jalan di Kota Tangsel tanpa terkecuali.

“Jika tadinya hanya di koridor tertentu yang dilarang, sekarang akan kita perluas ke seluruh koridor yang ada,” tegasnya.

Ia jelaskan, perubahan Peraturan Walikota Nomor 03 Tahun 2012 tentang Pengaturan Operasional Truk Angkutan Barang kini draftnya sedang digodok di Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Tangsel.

“Mudah-mudahan Perwalnya segera keluar. Kita sudah komunikasikan juga dengan pihak Satlantas Polres Tangsel,” bebernya. 

Sementara ini, Pemkot Tangsel juga akan melaporkan ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bahwa Tangsel akan ada aturan baru ini.

“Sementara ini, kita beritahukan ke BPTJ akan ada pemberlakukan seperti itu. Nanti akan kita lihat pemberitahuan dari BPTJ seperti apa,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here