PPP Ajak Parpol Non Parlemen Berkoalisi Usung Bacalon di Pilkada Tangsel

METROTANGSEL.COM, Pamulang–  Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menginisiasi pembentukan koalisi parpol non – parlemen untuk bersaing di Pilkada Tangerang Selatan 2020, mendatang.

Partai yang akan diajak gabung itu yakni PKPI, Perindo, Nasdem, PBB, Berkarya, dan Garuda.

Sekretaris DPC PPP Tangsel, Maryono mengatakan, komunikasi dengan para pimpinan parpol tersebut sudah mulai dibuka.

Meskipun, kata dia, belum secara pasti para parpol ini bergabung dan berbicara arah koalisi. 

“Komunikasi antar-pimpinan sih sudah cuma kepastiannya kita tunggu saja,” kata mantan Anggota DPRD Tangsel itu.

Dikatakan Maryono, PPP meskipun tidak memiliki anggota parlemen pada periode Pileg tahun ini, bukan berarti nilai tawar terhadap partainya berkurang.

“Sejauh ini saja sudah ada 15 bakal calon yang mendaftar penjaringan yang sudah dibuka kami (PPP). Jadi ini menunjukan bahwa PPP tetap diperhitungkan keberadaanya,” tegas dia.

Sambung Maryono, kader partai PPP bisa saja tidak memiliki wakil di parlemen. Namun, jelasnya, berdasarkan Undang-undang yang ada, PPP bisa saja mengusung bakal calon sesuai dengan aturan perolehan suara nasional. 

“Kita memiliki perolehan suara cukup secara nasional sebagai syarat dukungan kepala daerah sesuai amanat Undang-undang,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua DPC PPP Tangsel Eeng Sulaiman mengatakan, puluhan ribu suara yang mereka raih pada saat pileg 2019, dapat menjadi modal PPP untuk menarik minat pendaftar dalam penjaringan bakal calon wali kota.

“PPP tidak dapat kursi parlemen di Pemilu 2019. Tapi dalam Undang-undang nomor 10 tahun 2016 jika tak salah, syarat dukungan partai politik ada dua. Melalui kursi 20 persen DPRD dan dan jumlah perolehan suara di Pemilu 25 persen. Jadi calon boleh datang ke partai yang tidak memiliki suara,” jelasnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here