Setahun Diabaikan, Ancaman Tebing Longsor Hantui Warga Villa Dago Tol

METROTANGSEL.COM, Serpong – Memasuki musim penghujan, sejumlah warga Perumahan Villa Dago Tol, Ciater, Serpong, Tangsel, mengaku mulai resah dengan ancaman longsor tebing setinggi 10 meter di sekitar lokasi perumahan ini. 

Salah seorang warga setempat Hikmah, mengatakan, sejak setahun terakhir ini, turap tebing tersebut tak kunjung diperbaiki pihak terkait. Baik perhatian dari pemerintah setempat maupun pengembang. 

Turap setinggi sekitar 10 meter yang berlokasi di perumahan Villa Dago Tol, Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Tangsel pernah longsor dan sangat membahayakan warga sekitar.

“Ini longsor udah satu tahun lalu mas, dari puasa tahun lalu,” ujarnya, Sabtu (2/11/2019).

Ia menerangkan, sejak terjadinya longsor tersebut sempat ada orang yang mendatangi lokasi untuk melihat longsor turap. Akan tetapi, hanya sebatas melihat saja.

“Waktu itu ada yang datang, lihat-lihat doang. Enggak saya perhatiin banget tapinya,” imbuhnya.

Pantauan di lokasi, ada dua turap yang longsor parah dan sangat membahayakan warga.

Parahnya lagi sebagian turap sudah retak-retak dan sangat dikhawatirkan warga.

“Pengennya cepet diurus, karena sudah ada yang retak-retak juga dibagian turapnya. Apalagi ini udah masuk musim hujan. Takutnya niban rumah, udah gitu di atas banyak pohon gede,” harap Hikmah.

Sebelumnya, sejumlah warga Perumahan Vila Dago Tol RT03 dan RT 05/Rw 11 Kelurahan Ciater, Serpong, Tangsel mengadu ke anggota DPRD setempat.

Menurut Ketua RT 03, Suyekti Gesang, turap pada tebing di wilayah tempat tinggal mereka sudah dua kali terjadi longsor. Dan saat ini, mendekati musim hujan, warganya khawatir akan terjadi longsor susulan yang lebih parah.

Mereka berharap ada perhatian dari pihak Pemkot Tangsel dan pengembang perumahan. Sejauh ini, kata dia, pihak-pihak ini seolah tutup mata tidak ada aksi nyata untuk membantu warga setempat.

“Pengembang misalnya. Meski warga sudah mengadu, mereka hanya survey saja belum ada tindakan apa-apa. Sudah saya laporkan juga ke kelurahan,” katanya.

Mendapati aduan warga, sejumlah anggota DPRD Tangsel dari Fraksi PSI pun langsung meninjau lokasi.

Sebelum ke lokasi, Aji Kristi Bromokusumo menerima secara langsung aduan masyarakat, berdiskusi dengan warga terkait keluhan tersebut.

“Saat ini kita tampung dulu aduan warga, kalau bisa dieksikusi langsung, ya akan kita lakukan. Akan tetapi kalau harus berproses, tentu kita akan berkomunikasi dengan stakeholder, baik dari pihak pengembang maupaun dinas terkait,” kata Aji di lokasi, saat meninjau lokasi.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here