Dindikbud Tangsel Gelar Ragam Budaya Tujuh Kecamatan

METROTANGSEL.COM, Serpong – Kota Tangerang Selatan dikenal sebagai salah satu heterogen yang memiliki berbagai macam seni dan kebudayaan didalamnya.

Keragaman ini menjadi perhatian tentunya bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) setempat.

Pada Kamis, (14/11/2019), ragam kesenian dan budaya di seluruh kelurahan Kecamatan Serpong pun ditampilkan.

Giat ‘Ragam Warna Budaya’ yang digelar di Mall Teras Kota itu menampilkan para seniman, budayawan, sanggar budaya, dan sekolah dari 7 kecamatan ditampilkan secara bergiliran.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan kegiatan tersebut adalah menampilkan ragam budaya semua kecamatan di Kota Tangerang Selatan.

Benyamin menerangkan, tetapi pihaknya ingin bukan hanya tarian. Melainkan juga seperti budaya kuliner, fesyen dan sebagainya.

“Jadi semua seni terutama tarian ditampilkan, untuk kemudian nanti kita berupaya jadi kebudayaan Tangsel yang mewakili seluruh masyarakat gitu,” katanya kepada wartawan, usai acara.

 “Tapi kan bukan hanya tarian, kita juga ingin menampilkan budaya kuliner, budaya fashion, budaya nyanyian dan lain lain sebagainya, untuk mengimbangi kegiatan-kegiatan pembangunan fisik di Tangsel maksudnya seperti itu,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dindikbud Kota Tangsel, Aji Awan menuturkan, acara ini sengaja dinamakan ‘Kegiatan Ragam Budaya 7 Kecamatan di Kota Tangerang Selatan’.

Dimana pesertanya dari beberapa sanggar budaya atau kesenian serta sekolah-sekolah.

“Pesertanya dari beberapa sanggar-sanggar budaya atau kesenian serta sekolah dari 7 kecamatan di Kota Tangerang Selatan,” tuturnya.

Aji melanjutkan, sebagai daerah yang majemuk dan heterogen, Kota Tangsel memiliki ragam budaya dan seni yang beraneka ragam.

“Maka bagi kita penerus bangsa ini wajib untuk melestarikan. Di dalam konteks di Kota Tangerang Selatan seni dan budaya kita memiliki seni sendiri,” ungkapnya.

“Keunikan ini tentunya patut kita jaga, kita lestarikan, kita kembangkan. Jadi katakanlah Kota Tangerang Selatan ini adalah Indonesia mini atau Indonesia kecil jadi ragam budaya nusantara itu berkumpul di Kota Tangsel,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here