Indonesia Borong 30 Medali Pada Ajang ASMOPPS ke-9

    METROTANGSEL.COM, Tangerang – Tim Indonesia berhasil meraih 30 medali emas pada ajang Asian Science and mathematics Olympiad for Primary and Secondary School (ASMOPPS) ke-9 yang digelar di ARA Hotel Tangerang, 15-19 November 2019.

    Ketua Panitia ASMOPSS ke 9 Christina R Simanjuntak mengatakan, 110 siswa dari enam negara yang ikut itu yakni Indonesia, Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam dan Malaysia bertarung memperebutkan medali di ajang olimpiade sains dan matematika yang rutin diselenggarakan Surya Institute dan didukung oleh KIN Dairy, PT Freeport Indonesia, Yayasan Simetri, Ancol dan Bandar Djakarta.

    “Selain kompetisi antar individu dalam masing-masing bidang sains dan matematika, di ASMOPSS ini kompetisi antar tim (terdiri dari empat siswa) yang terdiri dari eksperimen sains, eksplorasi matematika, dan gabungan soal matematika dan sains juga dipertandingkan,” ungkap Christina usai Closing Ceremony di Ara Hotel, Senin Malam(18/11/2019) saat penutupan acara ini.

    Menurut Christina, ASMOPSS selalu konsisten dalam mengundang juri-juri yang kompeten pada bidangnya masing-masing. Para juri ASMOPSS selalu memiliki kriteria tinggi dalam melakukan penilaian.

    “Berdasarkan penilaian yang diperoleh, dari total 60 Medali yang diputuskan untuk diberikan oleh para juri, sebanyak 30 peserta dari Indonesia berhasil meraih medali pada ASMOPSS tahun ini,” katanya.

    Tahun ini kembali menjadi momen puncak keemasan prestasi Indonesia, dikarenakan semua tim yang mewakili Indonesia berhasil meraih penghargaan di masing-masing kriteria tim, baik untuk kategori Primary maupun kategori Secondary.

    Best Team pada kategori Primary berhasil diraih oleh Tim Indonesia Bromo dengan anggota tim yang terdiri dari Aufan Ahmad Mumtaza dari SD Al Irsyad Satya Islamic School (Bandung), Syauqi Faza dari SD Luqman Al Hakim (Surabaya), Anindita Sayla Safira dari SDI Munawwarah (Pamekasan), dan Bagasmora Andreo Sibarani dari SD Darma Yudha (Pekanbaru).

    Kategori 1st runner up team kategori Primary berhasil diperoleh dua tim perwakilan Indonesia yaitu Tim Indonesia Tambora dan Tim Indonesia Krakatau.

    Sementara Tim Indonesia Jayawijaya berhasil memperoleh 2nd runner. Selebihnya diraih oleh tim dari negara Thailand, Filipina, dan Vietnam.

    Best Team pada kategori Secondary berhasil diraih tim Indonesia Sentani. Kategori 1st runner up team kategori Secondry berhasil diraih oleh dua tim perwakilan Indonesia yaitu Indonesia Kelimutu dan Tim Indonesia Tondano. Kategori 2nd runner up berhasil diraih oleh Tim Indonesia Toba.(sam/asn)

    Berikut nama dan asal sekolah peraih medali ASMOPSS ke 9:

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here