Teken MOU dengan BBSWCC, Pangdam Jaya Tinjau Situ Parigi

METROTANGSEL.COM, Pondok Aren -Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiyono Rangkuti didampingi Kepala Balai Besar Wilayah Sungai  Ciliwung Cisadane (BBSWCC)  Bambang Hidayah dan Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengunjungi kawasan Situ Parigi, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (19/11).

Kunjungan tersebut berkaitan dengan kesepakatan (MOU) antara BBWSCC dengan Kodam Jaya (TNI) tentang kerjasama  pemeliharaan 6 Sungai dan 5 Situ di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek).

Keenam Sungai tersebut, yakni Sungai Mookervart, Sungai Ciliwung, Sungai Pesanggrahan, Sungai Bekasi, Sungai Blencong, Sungai Cikeas.

Sedangkan lima Situ yang dilakukan pemeliharaan adalah Situ Sidomukti, Situ Rawa Lumbu, Situ Pasir Gadung, Situ Parigi, dan Situ Leungsir.

Kunjungan Situ Perigi dipusatkan di Rumah Budaya (bang Kimpo’) RT 01/21 Kelurahan Parigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Pekerjaan pemeliharaan sungai dan situ atas kerjasama Kodam Jaya/Jayakarta dengan BBWSCC dengan hasil pekerjaan fisik berupa pembersihan dan pengangkutan sampah, normalisasi sungai dan situ dengan pengerukan sedimentasi tanah atau lumpur dan dalam pengurukan tanah mencapai hasil kuantitaif 100%, “kata Pangdam.

Normalisasi Sungai dan Situ ini, lanjut Pangdam, diharapkan timbulnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.

“Jadi disini semua pihak harus ikut menjaga termasuk peran serta Pemerintah setempat,” tambah Pangdam.

Sementara Ketua BBWSCC Bambang Hidayat mengatakan kerjasama antara Kodam Jaya dan BBWSCC diharapkan dapat dilanjutkan kembali di tahun yang akan datang.

Sementara Wakil Walikota H. Benyamin Davnie yang juga hadir menyambut baik kegiatan normalisasi Situ Perigi dan berharap tahun 2020 mendatang Pemkot Tangsel dapat ikut serta dalam kegiatan penjagaan dan pemeliharaan situ dan sungai yang ada di wilayah Pemkot Tangsel. (rls/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here