Lokasi Uji Kir di Tangsel Dinilai Sudah Tak Layak

Lokasi Uji Kir di Tangsel Sudah Tak Laya

METROTANGSEL.COM, Setu – Lokasi uji kir atau Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) yang ada di Kota Tangerang Selatan, dinilai sudah sangat tidak layak lagi.

Pasalnya, setiap ada hujan meski gerimis sekalipun, lokasi itu otomatis banjir atau digenangi air.

Seperti terlihat dalam beberapa hari ini. Genangan air setinggi betis orang dewasa nampak jelas terlihat. Padahal, lokasi uji KIR ini berada di samping gedung DPRD dan kantor Dinas Pekerjaan Umum setempat.

Menurut Kepala Seksi Bidang Keselamatan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel Hikmat Maulana, tempat uji kir di Tangsel sudah jauh dari kata layak.

Tiap hujan, air setinggi betis orang dewasa kerap menggenang di area pengujian kir.

“Memang sudah enggak layak. Saluran pembuangan air jika hujan enggak ada. Sarana dan prasarana di sini (PKB) sudah tidak menopang dari segi pelayanan yang layak,” kata Hikmat menjelaskan, kemarin.

Menurut dia, pihaknya sudah sering mengajukan pemindahan lokasi uji kir ke tempat yang lebih memenuhi standar.

 “Setiap hari, pemohon uji kir ini kami batasi, hanya 150 kendaraan maksimal. Kalau lebih dari itu, antrean bisa panjang ke luar. Dibatasi saja antrean sudah sampai depan Gedung DPRD Kota Tangsel,” ucapnya.

Sejauh ini, kata Hikmat, sudah ada wacana soal lokasi uji kir yang baru. Namun, lokasi tersebut juga harus melalui kajian mendalam dari Pemkot Tangsel.

“Aktivitas uji kir itu kan banyak kendaraan besar. Nah, mengganggu tidak nanti aktivitas uji kir di lokasi yang baru, itu kan butuh kajian mendalam,” ucapnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here