Paripurna Pengesahan R-APBD 2020 Kota Tangsel, Diwarnai Walk Out Fraksi Gerindra-PAN

METROTANGSEL.COM, Setu – Rapat paripurna pengesahan R-APBD Kota Tangerang Selatan Tahun Anggaran 2020, Sabtu (30/11/2019) diwarnai dengan aksi walk out dari Fraksi Gerindra-PAN.

Ketua Fraksi Gerindra-PAN DPRD Kota Tangsel Ahmad Syawqi mengatakan aksi walk out tersebut merupakan hak yang ditempuh sesuai dengan tata tertib persidangan.

“Kami sudah menyampaikan poin-poin pandangan kami selaku Fraksi Gerindra-PAN terkait apa yang menjadi keberatan,” ungkap Syawqi menjelaskan.

Seperti diberitakan sebelumnya Fraksi Gerindra-PAN menolak pengesahan Raperda APBD 2020

Menurut ketua Fraksi Gerindra-PAN Syawqi, dalam Raperda APBD Tangsel 2020, terdapat alokasi anggaran sebesar Rp 21 milyar lebih, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2014 tentang Penyertaaan Modal Daerah Pada Perseroan Terbatas Pembangunan Investasi Tangsel.

Akan tetapi, hal itu belum termasuk penyertaan modal berbentuk aset pasar, yang belum diundangkan.

Menurut Syawqi, pengesahaan terkait Raperda APBD 2020 jangan dipaksakan, dengan menabrak tahapan-tahapan sebelum pengesahan, agar kedepannya tidak menjadi sebuah temuan.

Akan tetapi, Syawqi melanjutkan pihaknya telah melaksanakan rapat-rapat konsultasi kepada Kementerian Dalam Negeri dan didapati hasil bahwa ada opsi yang dibenarkan secara peraturan perundang-undangan dan juga Peraturan Pemerintah serta aturan Permendagri.

“Sebenarnya pembahasan ini masih bisa menempuh waktu perpanjangan agar mendapatkan hasil yang lebih komprehensif,” katanya.

Namun, apabila rapat paripurna pengesahan R-APBD tetap akan dilaksanakan, pihaknya mengaku tidak akan menghalang-halangi.

“Kami memahami bahwa APBD adalah kepentingan bersama terutama untuk masyarakat Kota Tangsel. Kami tidak dalam posisi menghambat dan juga menghalang-halangi, karena kami mengerti betul prinsip-prinsip dasar kebutuhan masyarakat Kota Tangerang Selatan,” ucapnya. (jun/sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here