Longsor di Tangsel Diduga Tanah Urugan Tak Kuat Tahan Beban Berat

METROTANGSEL.COM, Setu – Longsor yang terjadi di RT 04 RW 03, Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Senin, (2/12/12019) kemarin diduga kuat karena kondisi tanah yang memang rawan amblas.

Pasalnya, lokasi longsor buka turap, melainkan tanah urugan biasa. Sementara hasil analisa BPPT, terlihat ada bongkahan batu di sekitar lokasi.

Menurut salah seorang warga, Umi, di sekitar lokasi tanah longsor bukan turab.

“Itu bukan turab mas. Itu kaya semacem urukan gitu, dan memang sudah lama ada,” ungkapnya.

Umi merasa semakin dirundung ketakutan. Alasannya karena setiap hari ia selalu berlalu lalang melewati lokasi perkara di Jalan Tanjakan Mar’ah.

Baginya tak berlebihan jikanya setiap kali melintas dirinya mengaku bulu kudunya selalu merasa merinding.

“Ngeri bener mas emang itu urukan. Itu kaya puing-puing ditempel, kan kalau kaya gitu mah kena air aja udah ambles,” ujarnya.

Terpisah, Nur Hidayat, peneliti dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi lewat keterangan tertulisnya menegaskan jika, longsor yang terjadi telah merusak turap yang ada.

“Material longsoran terlihat ada bongkah batu sehingga kemungkinan besar adalah material timbunan,” ungkapnya.

“Dan di lokasi longsor tepat dibelakangnya terdapat jalan tembus yang seringkali dilewati truk pengangkut batu dan tanah yang tentunya merupakan beban bergerak disamping beban tetap dari ruko dan kontrakan disekelilingnya,” paparnya.

Hidayat menambahkan, indikasi pergerakan tanah sebenarnya sudah terjadi sejak awal dan itu terbukti.

Pada bangunan ruko dan kontrakan yang retak di lantai dan dinding, sehingga ini harusnya bisa menjadi peringatan (warning).

“Yang perlu diwaspadai adalah pola retakan yang menerus sejajar tebing bisa berpotensi mempercepat gerakan tanah saat hujan turun,” tambahnya.

Seperti diketahui, longsor itu merenggut nyawa Anggi yang tertimpa rerruntuhan turap, serta menyebabkan DA, 3 tahun, terluka. (sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here