Garap Dua Tower Rusunawa ASN, Pemkot Tunggu Kemen PUPR

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Pemerintah Kota Tangerang Selatan pada 2020 mendatang sudah memastikan akan menggarap pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang peruntukan utamanya ASN yang belum memiliki rumah.

Merealisasikan dua tower Rusunawa ini, Pemkot Tangsel masih menunggu Kementerian PUPR untuk membangunnya.

Lahanya sendiri merupakan Prasarana Sarana dan Utilitas Umum (PSU) BSD yang totalnya mencapai 3,6 hektar dan tersebar di beberapa titik.

Baik untuk pembangunan Rusunawa itu sendiri maupun pembangunan pemakaman.

Kabid Permukiman pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel, Carsono

Menurut Kabid Permukiman pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel, Carsono, Rusunawa ini akan dibangun di atas tanah seluas 1,3 hektar.

Lokasinya di Jalan Rawa Buntu Utara, Kampung Dadap, Serpong.

Dengan lokasi asal dari penyerahan Prasarana Sarana dan Utilitas Umum (PSU) BSD yang totalnya mencapai 3,6 haktar di beberapa titik.

Karena Kementerian PUPR hanya membangun sarana gedungnya saja, maka kewajiban Pemkot Tangsel membangun sarana pendukung seperti akses jalan, pemakaman, jembatan hingga taman.

“Pemda sudah menyiapkan lahan dan dari Dinas PU sudah membuat jembatan. Artinya dari kewajiban pemerintah daerah sudah dilaksanakan tinggal menunggu Kementerian PUPR untuk pembangunan Rusunawa,” ujarnya, kemarin.

Dijelaskan Carsono, Rusunawa ASN tersebut akan dibangun dua tower dengan 10 lantai berkapasitas sekitar 300-an kamar untuk keduanya.

Dimana satu ruangan luasnya 36 meter persegi, dengan kapasitas dua anak istri dan suami.

Sebetulnya, kata dia, pembangunan Rusunawa ini telah direncanakan oleh Kementerian PUPR sejak tahun 2018-2019, namun anggaranya digunakan untuk bencana alam di Palu-Donggala.

“Ya, terkendala skala prioritas di Kementerian PUPR, awalnya karena ada bencana alam sehingga ada pemotongan anggaran tapi Ibu Wali sudah mengirimkan surat lagi kepada KemenPUPR untuk realisasi 2020 mendatang,” jelasnya. (sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here