Damkar Tangsel Tangkap Piton Sepanjang 4,5 Meter di Pamulang

METROTANGSEL.COM, Pamulang – Resahkan warga Pamulang, ular jenis Piton dengan panjang mencapai 4,5 meter diamankan Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangerang Selatan (Tangsel).

Sebelumnya, ular tersebut mengganggu warga perumahan di Pamulang, lantaran memangsa seokor kucing peliharaan warga pada Minggu (22/12/2019) malam.

“Kami amankan berdasarkan laporan masyarakat, ada Piton di kawasan perumahan di Pamulang,” ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangsel Uci Sanusi menjelaskan, Senin (23/12/2019).

Diungkapkan dia, berdasarkan informasi masyarakat di Perumahan itu, sebelumnya ular Piton ini sempat memangsa kucing. Kemudian diburu warga dan bersembunyi di gorong-gorong saluran air warga.

Karena mengancam keselamatan, oleh warga setempat, penemuan ular memakan kucing itu dilaporkan.

“Memang ularnya besar. Jadi kalau habis makan kucing itu bisa jadi benar, karena tidak terlalu kelihatan dengan bentuk diameter tubuhnya yang besar,” paparnya.

Pihaknya, juga tidak mengetahui pasti dari mana ular Piton itu berasal, Namun Uci menduga, ular itu terbawa derasnya arus akibat hujan yang turun, atau faktor lain disebabkan rantai makanannya terganggu hingga keluar menyasar pemukiman warga.

“Bisa jadi terbawa arus, atau bisa juga kan biasanya ular makan tikus atau sejenisnya. Saat rantai makanan itu berkurang, maka dia akan berburu hingga keluar dari sarangnya,” tandasnya.

Hingga saat ini, ular piton masih diamankan di kantor Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel. Rencananya, ular akan segera diserahkan kepada komunitas pencinta reptil untuk dtangani.

“Kami imbau warga untuk tetap waspada, ketika ada ular segera laporkan ke kami ke Dinas, atau komunitas pecinta reptil.

Kalau saat ini memang kita belum punya tempat penyimpananya jadi kami serahkan ke komunitas Reptil,” tambahnya.(jun/sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here