Disdukcapil Prioritaskan Urus Dokumen Kependudukan Warga Terdampak Banjir

METROTANGSEL.COM, Serpong – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengeluarkan surat edaran prioritas penerbitan dokumen kependudukan yang terdampak bencana banjir.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan surat edaran dengan nomor 471.13/05/dataduk sudah dikirim ke kecamatan dan kelurahan di Kota Tangsel. Surat tersebut diharapkan segera disampaikan ke setiap RT dan RW agar disampaikan langsung ke masyarakat Kota Tangsel yang terdampak banjir.

“Banjir bisa mengakibatkan rusaknya dokuemen kependudukan. Bisa jadi terendam air, hanyut terbawa air atau hilang,” kata Dedi menjelaskan, Jumat (3/1/2020).

Dokumen kependudukan yang dimaksud antara lain Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, KTP-EL atau Surat Keterangan (Suket).

“Jika dokumen kependudukan tersebut rusak atau hilang akibat banjir bisa langsung dilaporkan dan akan dilakukan pengganti sesuai tata cara dan aturan yang berlaku,” paparnya.

Dedi menegaskan pihaknya juga menugaskan kepada pihak registrasi/operator kependudukan di kelurahan untuk memprioritaskan proses dokumen kependudukan yang rusak terdampak banjir.

“Ini penting ya, makanya camat atau lurah diharapkan cepat menyampaikan ke masyarakat terdampak banjir,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh memerintahkan jajarannya di seluruh Indonesia, terutama para Kepala Dinas/Suku Dinas Dukcapil di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten agar bergerak aktif mendata dan mengganti dokumen yang hilang ataupun rusak tersebut secara gratis.

“Berkenaan dengan musibah banjir ini, banyak dokumen kependudukan yang hilang dan rusak. Sebagaimana langkah Dukcapil setiap ada bencana seperti gempa NTB, Tsunami di Banten dan Lampung serta Sulteng dan lainnya, kita langsung bergerak aktif mendata dan mengganti dokumen yang hilang rusak tersebut dengan gratis,” ujar Zudan, Jumat (3/1/2020).

Dokumen kependudukan yang dimaksud seperti e-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran. Dukcapil menjamin pengurusan dokumen yang hilang tidak dipungut biaya.

Bagaimana dengan ketersediaan blanko e-KTP? Dukcapil menjamin keperluan blanko tercukupi. “Kami dari pusat akan memberikan pendampingan seperti biasanya. Tolong segera dilakukan mulai hari ini atau setelah banjir surut,” tuntasnya.(jun/sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here