Ini Empat Strategi BATAN Dekatkan Nuklir dengan Masyarakat

Pelantikan Pejabat BATAN, belum lama ini.

METROTANGSEL.COM, Jakarta – Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan meyampaikan empat strategi yang akan dilakukan BATAN untuk lebih menghadirkan nuklir di tengah masyarakat.

Strategi pertama, BATAN akan memperbanyak hilirisasi dan komersialisasi produk-produk penelitiannya. Hilirisasi dan komersialisasi sangat penting untuk keberlangsungan riset agar tidak selalu bergantung pada pendanaan dari pemerintah atau Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

“Hilirisasi dan komersialisasi ini perlu untuk mendukung riset kita, istilahnya self reliance, sehingga kita bisa mandiri di dalam hal pendanaan,” jelas Anhar, di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, BATAN, Jakarta, belum lama ini.

Menyikapi tantangan kedepan dimana organisasi dituntut bekerja secara cepat, Anhar menuturkan strategi kedua adalah menjadikan BATAN sebagai organisasi modern, yang salah satu cirinya adalah memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Strategi ketiga, menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) BATAN unggul dengan menggiatkan program Nuclear Knowledge Management (NKM). Program NKM ini, lanjut Anhar, sangat penting untuk mempertahankan kompetensi pegawai BATAN. Saat ini, terdapat gap kepakaran yang cukup jauh antara pegawai senior dan junior.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here