Antisipasi Banjir, Warga Pamulang Barat Kerja Bakti Bebersih Gorong-gorong

METROTANGSEL.COM, Pamulang – Sejumlah warga RW 01 Kelurahan Pamulang Barat, Pamulang, Tangsel menggelar kerja bakti menyeluruh, pada Minggu (5/1/2020).

Wilayah yang terdiri dari 4 RT ini termasuk permukiman padat penduduk. Pada kesempatan ini, warga yang paling banyak mengikuti kegiatan tersebut adalah warga RT. 01 dan RT 02.

Wilayah ini, beberapa tahun lalu belum banyak memiliki saluran air sehingga saat hujan turun seringkali terjadi genangan air di jalan lingkungan dan bahkan masuk ke sebagian rumah warga.

Mereka antusias membersihkan saluran air/drainase yang dibangun pada tahun 2017 itu. Jalan lingkungan pun mereka bersihkan.

Kerja bakti dipimpin oleh Ngadi selaku Ketua RW 01 dibantu oleh para Ketua RT dan pengurusnya. Sejak pukul 07.00 WIB, mereka sudah berjibaku dengan lumpur dan tanah yang menutup saluran air di lingkungan tersebut.

Tampak hadir Jonari, Ketua RT 01/01 dan Mardan Ketua RT 02/01. Ada juga tokoh masyarakat seperti KH. M. Yusuf Adam dan Ustadz Bahrudin. Mereka pun tak mau ketinggalan kerja bakti ini.

JL Cemara I dan Jl Cemara II menjadi titik prioritas yang mereka kerjakan karena jalan dan saluran airnya paling sering bermasalah.

Di Kelurahan Pamulang Barat, selain RW 01, ternyata di hari yang sama, RW. 03/Gang Waru dan RW 25 Perumahan Puri Pamulang juga menggelar kerja bakti di lingkungannya. Rahmat Ketua RW 03 dan Hadi Ketua RW 25 hadir dan memimpin langsung kegiatan tersebut.

Ngadi, Ketua RW 01 Pamulang Barat berpendapat bahwa, untuk mengatasi persoalan lingkungan, warga tidak bisa bekerja sendiri tanpa perhatian dan dukungan dari pemerintah. “Sebaliknya, dalam menjalankan programnya, pemerintah pun akan sulit mencapai hasil maksimal tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Ngadi, kerja sama antara pemerintah, pengurus lingkungan dan semua masyarakat perlu dibangun dan ditingkatkan. Realisasi dari pemerintah terhadap apa yang diusulkan pada saat musrenbang itu penting.

“Tapi yang tidak kalah pentingnya adalah pertisipasi dan kepedulian masyarakat untuk ikut merawat dan memelihara fasilitas yang sudah diberikan oleh pemerintah untuk lingkungan kita,”
imbuh Ngadi.

Sementara itu, Supriyadi, Lurah Pamulang Barat pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada warganya yang peduli terhadap lingkungannya. “Terimakasih kepada seluruh warga Pamulang Barat yang sudah berpartisipasi dan meluangkan waktunya untuk kerja bakti saat ini. Semoga kedepan, lingkungan kita tetap terjaga,” tegasnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here