Bantu Korban Bencana Lebak, BPPT Kerahkan Arsinum Mobile & Biskuneo

BPPT saat memberangkatkan Arsinum Mobile ke Lebak, dari Puspiptek Tangsel, kemarin.

METROTANGSEL.COM, Setu – Banjir yang melanda wilayah Jabodetabek selama nyaris sepekan ini menyebabkan kerugian bagi masyarakat, satu diantaranya munculnya permasalahan kesehatan.

Guna membantu korban bencana banjir, Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) menurunkan tiga unit armada Air Siap Minum (Arsinum) Mobile untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kini tengah mengungsi, khususnya di wilayah Lebak, Banten yang juga terdampak banjir.

Perlu diketahui, Arsinum ini merupakan teknologi tanggap darurat bencana yang mampu beroperasi dalam memenuhi kebutuhan air bersih warga yang terpapar bencana. Tentunya teknologi satu ini pun dapat dimanfaatkan untuk masyarakat yang terkena musibah yang melanda Jakarta dan sekitarnya sejak awal tahun 2020 ini.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan bahwa teknologi ini merupakan solusi dalam upaya pemenuhan kebutuhan para pengungsi yang kekurangan stok air bersih.

“Arsinum Mobile ini adalah jawaban sekaligus solusi bagi masyarakat yang terdampak banjir, mereka bisa menggunakan teknologi ini guna memenuhi kebutuhan mereka akan air bersih,” katanya saat pelepas Arsinum mobile, di Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi, Puspiptek, Tangerang Selatan, melansir laman bppt, Selasa (7/1/2020).

Kebutuhan terhadap air bersih menjadi hal yang sangat krusial demi menjaga kesehatan para pengungsi. Karena masalah krisis air bersih ini adalah hal yang biasa dialami korban banjir dan bisa berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh mereka dalam menghadapi berbagai penyakit.

Tentunya faktor kebersihan menjadi hal yang sangat penting karena bisa berdampak pada kesehatan, karenanya Arsinum mobile merupakan solusi air bersih bagi mereka selama mengungsi.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here