BATAN Resmikan Gedung Pusdiklat Baru

Kepala BATAN Prof Anhar Riza Antariksawandi, meresmikan gedung baru BATAN di kawasan Pasar Jumat, kemarin.

METROTANGSEL.COM, Serpong – Memasuki tahun 2020, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), akan menggunakan fasilitas gedung baru. Revitalisasi Gedung Pusdiklat BATAN yang terletak di Jalan Lebak Bulus Raya No. 49 ini, telah selesai dilaksanakan dan secara resmi sudah dapat digunakan.

Peresmian Revitalisasi Gedung Pusdiklat BATAN dilakukan oleh Kepala BATAN Prof Anhar Riza Antariksawan di Lantai 2 Gedung Pusdiklat, Kawasan Nuklir Pasar Jumat, kemarin. Dalam sambutannya, Anhar Riza menyampaikan rasa sukurnya bahwa pembangunan gedung Pusdiklat ini dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

Mengingat banyak yang menyangsikan dari waktu 135 hari yang direncanakan dapat terselesaikan. “Alhamdulillah ternyata bisa terselesaikan, berkat kerja sama yang baik, dan patut kita menyatakan syukur kepada Allah SWT,” ungkap Anhar melansir keterangan di laman batan.go.id, Kamis (16/1/2020).

Anhar berharap agar gedung yang baru ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik. Selain itu, dengan diresmikannya Revitalisasi Gedung ini, diharapkan Pusdiklat BATAN dapat lebih meningkatkan lagi kinerjanya, termasuk dalam peningkatan pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

“Karena jika PNBP meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan dalam mendukung program kerja, maka tidak hanya bergantung kepada DIPA saja, sebagaimana arahan Menristek,” kata Anhar.

Lebih lanjut Anhar Riza Antariksawan mengharapkan agar gedung Pusdiklat ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam rangka mendukung program besar pemerintah RI yaitu menciptakan SDM Indonesia yang unggul, khususnya SDM dalam bidang ketenaganukliran.

Dimana salah satu strategi yang diterapkan BATAN adalah melalui gerakan Nuclear Knowledge Management (NKM) yang harus dilakukan oleh setiap unit kerja.

“Bukan hanya berbentuk knowledge sharing yang selama ini telah dilakukan, melainkan juga kegiatan coaching yang terkait langsung dengan fasilitas dan peralatan yang dimiliki unit kerja,“ jelas Anhar.

Kepada pimpinan tinggi madya dan pimpinan tinggi pratama serta pejabat fungsional, Anhar juga berpesan agar, tidak ragu-ragu untuk menularkan ilmunya kepada para pegawai BATAN, selain juga melakukan program pengembangan diri.

“Semangatnya adalah membagi ilmu pengetahuan terutama kepada generasi di bawah kita. Karena jika kita menularkan ilmu yang kita dapatkan kepada orang lain, maka yakin kita tidak akan kekurangan ilmu, bahkan ilmu kita akan semakin bertambah terus,” jelas Anhar lagi.

Ke depan, Anhar berencana akan membuat suatu program yang secara khusus melibatkan generasi milenial yang ada di BATAN. Kegiatan yang disebutnya sebagai “be innovative forum atau be innovative days”, diharapkan akan menjadi forum dimana para generasi milenial dari seluruh unit kerja di BATAN bisa men-sharing ide-ide segar dalam bentuk apapun.

Sehingga dapat memancing daya inovasi dan kreasi seluruh pegawai BATAN dalam melakukan litbangjirab. “Kita buat agar kantor kita tidak kalah dengan kantor google, lebih modern, inovatif dan nyaman untuk bekerja,” ujar Anhar.

Selan peresmian Revitalisasi Gedung Pusdiklat BATAN, juga dilaksanakan penyerahan Fasilitas Laboratorium Proteksi Fisik Serpong dan Fasilitas Kantin Kawasan Nuklir Pasar Jumat dari Kepala Pusdiklat, masing-masing kepada Kepala PPIKSN dan Kepala PTBGN. Acara peresmian ini dihadiri oleh para pimpinan tinggi madya dan pimpinan tinggi pratama BATAN, Kontraktor Pelaksana, Kontraktor Perencana, Kontraktor Pengawas, dan pegawai Pusdiklat. (sam)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here