Terungkap, 70 Ribu Warga Tangsel Belum Punya KTP-el Jelang Pilkada

METROTANGSEL.COM, SERPONG – Delapan bulan jelang pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), 70 ribu warga Kota Tangsel belum memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Atau masih menggunakan Surat Keterangan (Suket).

“Sejak 14 Januari kemarin kami kami sudah membuka pelayanan pencetakan KTP el bagi warga Tangsel pemilik Suket. Karena kami baru menerima blangko sebanyak 13.500,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangsel Dedi Budiawan Minggu (19/1/2020).

Menurut Dedi, sebelumnya terdapat hampir 70 ribu warga Tangsel pemegang Suket, atau belum memiliki KTP-el. Hal itu terjadi lantaran, habisnya blangko KTP-el yang disuplai dari Kementerian Dalam Negeri.

“Setelah enam bulan kemarin kita tidak punya blangko KTP-el maka kami berikan Suket, total kurang lebih 70 ribu warga Tangsel pemilik Suket, dan awal Januari kemarin kita mendapat 13.500 blangko, maka kami buka kembali layanan pencetakan KTP-el khusus bagi pemilik Suket,” tandasnya.

Dia menjelaskan warga Tangsel pemilik suket, yang ingin melakukan pencetakan KTP el, terlebih dahulu melakukan registerasi online.

“Selanjutnya, jika sudah mendapat nomor pendaftaran, pemohon mendatangi kantor Kecamatan sesuai domisili, untuk melakukan pencetakan. Jadi dicetak di tujuh kantor kecamatan yang ada,” paparnya.

Saat ini, sejak dibukanya pencetakan KTP-el pada Selasa 14 Januari 2020 kemarin, baru 4.000 KTP-el terserap sementara sisanya, masih terus berlangsung hingga akhir Januari ini.

“Kuota kita kemarin 13.500 blangko, yang terserap baru 4.000-an, artinya layanan pencetakan ini masih terus kita buka bisa sampai akhir Januari. Meski sebenarnya pencetakan harian kita di tujuh kantor kecamatan kita batasi hanya 500 kuota,” tambahnya.(jun/sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here