Wah, Tangsel Berlakukan Penghapusan dan Pengurangan Denda Penunggak PBB

    METROTANGSEL.COM, Serpong – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di 2020 akan menerapkan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 40 Tahun 2019 tentang pengurangan dan penghapusan sanksi administrasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

    Kepala Bidang Pendapatan Pajak Daerah I Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel Indri S Yuniandri mengatakan keringanan tersebut berupa penghapusan denda dan pengurangan denda bagi penunggak pajak.

    “Tahun ini program keringanan bagi Wajib Pajak (WP) yang menunggu pajak akan kembali diadakan. Penghapusan denda dan pengurangan denda ini tentu ada syaratnya,” ungkap Indri menjelaskan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (22/1/2020).

    Indri melanjutkan, penghapusan denda ini berlaku bagi penunggak pajak di bawah tahun 2013. Namun, syaratnya harus menyelesaikan pembayaran pajak yang tertunggak di 2014 hingga 2019.

    “Jika sudah melunasi tunggakan di 2014 sampai 2019, tunggakan di 2013 ke bawah dendanya akan dihapus,” katanya.

    Sedangkan untuk pengurangan pajak berlaku bagi penunggak pajak di tahun 2014 sampai 2019. Jika membayar tunggakan di bulan Januari hingga Februari dendanya dikurangi 75 persen, jika bayar di Maret dendanya dikurangi 50 persen.

    “Jika membayar di bulan April maka hanya dikurangi 25 persen,” ucapnya.

    Tahun lalu, program ini menurut Indri berjalan sangat signifikan. Bapenda Kota Tangsel mampu mengumpulkan Rp74 miliar tunggakan PBB. Angka ini meningkat dari 2018 yang hanya Rp55 miliar.

    “Target sekarang tentu lebih besar lagi. Mengingat target PBB di 2020 ini sebesar Rp426 miliar di APBD murni,” katanya.

    Saat ini, pihaknya juga sudah melayangakn surat pemberitahuan soal pengurangan dan penghapusan denda tunggakan PBB ini ke kecamatan maupun kelurahan di Kota Tangsel.

    “Sudah dikirim surat pemberitahuan soal program ini. Jadi WP yang masih menunggak bisa langsung melunasi tunggakannya,” tambahnya.(jun/sam)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here