Dinkes Tangsel Tangani 50 Warga Penderita Kusta

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tangsel Tulus Muladiono.

METROTANGSEL.COM, Serpong – 50 orang penderita kusta mendatangi layanan fasilitas kesehatan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di sepanjang tahun 2019 kemarin. Dari jumlah itu, 30 persen penderitanya bukan warga Kota Tangsel.

“Untuk kasus Kusta di Tangsel,  baik yang terdata di Puskesmas dan Rumah Sakit ada sekitar 50 orang, itu data tahun 2019,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tangsel Tulus Muladiono, Senin (27/1/2020).

Menurutnya, jumlah penderita Kusta yang ditangani oleh fasilitas kesehatan di Tangsel seperti Puskesmas dan RSU tidak semuanya warga Tangsel. “Inikan program nasional, jadi yang kami tangani bukan hanya warga ber KTP Tangsel, tapi ada dari luar Tangsel itu sekitar 30 persen,” ucapnya.

Dia mengakui, dari 50 penderita kusta itu seluruhnya mendapat pengobatan medis secara rutin dan gratis. “Sampai mereka sembuh, itu harus kontrol rutin dan pemberian obat setiap dua minggu,” paparnya.

Dari tahun ke tahun, lanjut Tulus penderita Kusta di Tangsel mengalami penurunan, karena petugas Puskesmas rutin melacak warga yang memiliki faktor risiko tertularnya penyakit tersebut.

“Untuk tahun 2019 ini 50 kasus kusta, ini terus turun karena tetap Puskesmas melacak scara aktif yang punya faktor resiko tertularnya,” tambahnya.(jun/sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here