Fix, Virus Corona Menyebar di 13 Negara

Sejumlah warga memadati sebuah apotek di China, untuk mendapatkan masker.

METROTANGSEL.COM, Wuhan – Virus yang mirip dengan patogen SARS telah merenggut 56 nyawa sejak kemunculanya di pasar pusat Kota Wuhan, China, dan menyebar ke seluruh dunia.

Pada Minggu (26/1/2020), hampir 2.000 orang telah terinfeksi di seluruh China, sebagian besar dari mereka di dalam dan sekitar Wuhan. Hampir semua dari 56 yang korban meninggal berada di wilayah Wuhan, tetapi para pejabat setempat telah mengkonfirmasi setidaknya empat kematian di tempat lain, yakni di Kota Makau.

Melansir News Straits Times, berikut negara yang telah mengkonfirmasi kasus Novel Coronavirus:

Hong Kong: Enam orang diketahui menderita penyakit ini. Dari mereka, lima orang terdeteksi saat tiba melalui terminal kereta.

Perancis: Ada tiga kasus yang diketahui dari coronavirus di Perancis. Negara ini menjadi negara Eropa pertama yang terkena dampak wabah tersebut. Satu orang sakit di Bordeaux dan lainnya sakit di Paris. Orang ketiga, yang merupakan kerabat dekat salah satu dari dua lainnya, juga telah dikonfirmasi memiliki virus. Ketiganya baru-baru ini melakukan perjalanan ke China dan sekarang telah ditempatkan dalam ruangan isolasi.

Jepang: Otoritas kesehatan di Jepang mengkonfirmasi kasus keempat dari virus Corona di negara itu ditemukan pada Sabtu (25/1/2020). Seorang pria berusia 40-an, mengunjungi Jepang dari Wuhan, yang saat ini dirawat di rumah sakit dalam kondisi stabil.

Seorang lelaki lain dirawat di rumah sakit pada 10 Januari, empat hari setelah kembali dari kunjungan ke Wuhan. Dan dua orang lagi dari kota Cina, seorang pria berusia 40-an dan seorang wanita berusia 30-an – juga dirawat di rumah sakit karena demam.

Australia: Sementara itu, Australia juga mengkonfirmasi empat kasus pertama virus pada hari Sabtu. Satu pria di Melbourne dan tiga pria di Sydney dinyatakan positif dan sedang dirawat di unit isolasi rumah sakit setelah tiba di negara itu dari Wuhan.

Amerika Serikat: AS telah mengkonfirmasi tiga kasus akibat virus pada pasien yang baru saja memasuki negara itu dari Wuhan. Seorang pria berusia 30-an melaporkan dirinya ke pihak berwenang pada 19 Januari setelah kembali ke rumahnya di dekat Seattle.

Pada hari Jumat, otoritas kesehatan AS mengatakan, virus telah terdeteksi pada seorang wanita Chicago berusia 60-an, dan pada hari Sabtu seorang pelancong dari Wuhan di California dikonfirmasi sebagai orang yang terinfeksi ketiga di tanah AS.

Kanada: Kanada mengatakan Sabtu bahwa pihaknya telah mengidentifikasi kasus “dugaan” pertama dari virus pada seorang pria yang kembali ke Toronto dari Wuhan. Pasien berusia 50-an dan ditempatkan di ruang isolasi.

Malaysia: Negara itu mengkonfirmasi kasus keempatnya. Semuanya adalah warga negara Cina yang sedang berlibur dari Wuhan yang tiba di negara itu dari Singapura. Seorang wanita berusia 66 tahun dan dua anak lelaki, berusia dua dan 11 tahun, dalam kondisi stabil, kata menteri kesehatan Malaysia, Sabtu. Kasus terakhir yang dikonfirmasi adalah seorang pria berusia 40 tahun yang memasuki negara itu dengan bus bersama kelompok wisata Cina.

Seorang pekerja dari layanan pembersihan dan disinfeksi, menyemprotkan desinfektan di kereta sebagai bagian dari upaya untuk mencegah penyebaran virus baru yang berasal dari kota Wuhan di stasiun kereta api Suseo, Seoul, Korea Selatan. (Foto/AFP)

Nepal: Sementara di Nepal, diketahui seorang pria berusia 32 tahun yang tiba dari Wuhan menderita penyakit itu. Pasien, yang awalnya dikarantina, pulih dan dipulangkan.

Singapura: Di Singapura, mengumumkan kasus keempat virus korona pada hari Minggu. Keempat pasien telah tiba di negara kota dari Wuhan selama seminggu terakhir.

Korea Selatan: Media-media setempat melaporkan kasus ketiga negara itu kemarin. Para pasien termasuk dua pria Korea Selatan, keduanya berusia 50-an dan bekerja di Wuhan, yang kembali ke Korea Selatan awal pekan ini. Negara itu melaporkan kasus pertamanya pada 20 Januari – seorang wanita 35 tahun yang terbang dari Wuhan.

Taiwan: Taiwan telah mengungkap empat kasus sejauh ini – wanita terbaru berusia lima puluhan yang berada di Wuhan untuk tur melihat-lihat dan kembali ke rumah secara sukarela pada 25 Januari.

Thailand: Thaiand telah mendeteksi delapan kasus sejauh ini – tiga di antaranya menerima perawatan di rumah sakit dan lima di antaranya telah diberhentikan, menurut sebuah pernyataan dari Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul. Semua orang yang terinfeksi adalah warga negara Tiongkok, kecuali seorang wanita Thailand berusia 73 tahun yang kembali dari Wuhan bulan ini.

Vietnam: Vietnam mengkonfirmasi dua kasus virus tersebut pada hari Kamis. Seorang pria yang terinfeksi dari Wuhan melakukan perjalanan ke Kota Ho Chi Minh awal bulan ini dan menularkan virus kepada putranya.

Seorang pramugari Tiongkok yang tiba di Wina, Austria pada hari Jumat telah dikarantina di rumah sakit sejak Sabtu malam dengan gejala flu. Wanita itu diyakini baru-baru ini berada di Wuhan. Pihak berwenang mengatakan akan membutuhkan waktu hingga 48 jam untuk mengkonfirmasi apakah wanita itu telah tertular virus itu.(sam)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here