Kader Kesehatan Remaja SMAN 2 Tangsel Gelar Donor Darah

METROTANGSEL.COM, Setu – Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus.

Namun, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya seperti membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia, Menurunkan risiko kanker, mendeteksi penyakit sejak dini dan lain sebagainya. Walhasil, kegiatan donor darah dapat menguntungkan semua pihak.

Berangkat dari hal itu, Kader Kesehatan Remaja (KKR), salah satu klub ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Tangsel, kembali mengadakan kegiatan donor darah sukarela, kemarin. Kegiatan yang mengangkat tema “Share The Love With Your Blood”, ini bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan dan dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00 WIB.

Ratusan siswa, guru dan pegawai berduyun-duyun untuk menjadi pendonor. Mereka nampak antusias sekali, meskipun ketersediaan kantong darah yang tersedia terbatas.

Pembina KKR SMAN 2 Tangsel, Ida Winarni menyampaikan bahwa total calon pendonor pada giat ini, berjumlah 116 orang sementara jumlah kantong darah yang tersedia hanya 61 kantong.

“Kegiatan donor darah ini rutin dilaksanakan oleh KKR, setidaknya sekali dalam setahun. Kegiatan ini salah satunya bertujuan mendidik dan melatih para siswa yang tergabung dalam KKR untuk menjadi manusia yang memiliki kepekaan sosial dan kemanusiaan yang tinggi. Mereka disiapkan untuk menjadi kader penerus Palang Merah Indonesia,” ungkapnya.

Kegiatan donor darah ini sekaligus merupakan sarana pendidikan dan latihan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan kepada seluruh anggota KKR. Pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai oleh anggota PMR di antaranya kepalangmerahan, pertolongan pertama, pendidikan remaja sebaya, dan perawatan keluarga.

Giat tersebut juga merupakan realisasi dari program kegiatan ekstrakurikuler KKR, di mana kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat pada umumnya, dan secara khusus dikalangan warga SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan untuk ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

“Dengan berpartisipasi dalam kegiatan donor darah, akan tumbuh pula rasa kepedulian dalam diri pendonor terhadap sesama, terutama kepada mereka yang sangat membutuhkan darah. Setetes darah akan sangat berarti bagi mereka yang saat ini sedang terbaring di rumah sakit dan membutuhkan tambahan darah seperti korban kecelakaan, para penderita demam berdarah, pasien yang menjalani operasi dan lain sebagainya,” tutupnya.(sam)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here