Bawaslu Tangsel Dorong Peran Aktif Perempuan Awasi Kecurangan Pilkada

METROTANGSEL.COM, Pamulang – Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan Muhamad Acep mengatakan, peran aktif perempuan dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada, dalam hal ini Pemilihan Walikota Tangsel cukup krusial.

Perempuan menurut Acep, memiliki jaringan sosial yang lebih luas yang bila dimanfaatkan, akan sangat membantu dalam menyebarluaskan informasi terkait pilkada, serta dalam kaitanya dengan pengawasan.

“Keterlibatan perempuan bisa dipastikan akan mampu meningkatkan pengawasan terhadap keberlangsungan pilkada nantinya,” kata Acep di hadapan Anggota Senam Akasia, Pondok Cabe Ilir, Pamulang, Tangsel, melansir pernyataanya di laman Bawaslu Tangsel, Sabtu, (1/2/2020).

”Dalam keterlibatan politik, perempuan memiliki ruang sebesar 30 persen. Begitu pula di Bawaslu, keterlibatan perempuan diwakilkan oleh salah satu anggota Bawaslu, yaitu Karina Permata Hati, kordiv SDM dan Organisasi,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Acep juga membeberkan informasi penting lainnya, yakni praktik money politik dalam pilkada. Yang harus dipahami, sebut Acep, ada perbedaan sangsi terhadap pemberi dan penerima money politik saat pemilu dan pilkada.

“Kalau pemilu, penerima uang dalam praktik money politik tidak dihukum hanya yang memberikan uangnya saja. Sementara kalau di pilkada, baik penerima dan pemberi akan dihukum. Hukumannya tiga tahun kurungan penjara, jadi ini harus jadi perhatian masyarakat,” imbuhnya.

Di tempat sama, Ketua Anggota Akasia Pondok Cabe Ilir, Yamah menjelaskan jika perempuan juga ingin memastikan proses tahapan pilkada di Kota Tangsel.

”Ini adalah kesempatan yang dibutuhkan oleh kami. Bahwa kami juga ingin melakukan pengawasan terhadap pilkada. Jadi jangan laki-laki saja yang diberikan sosialisasi, kami juga perlu,” kata Yamah.

Dia juga berjanji untuk melakukan sosialisasi pengawasan ini kepada seluruh masyarakat. ”Kami menginginkan pemimpin yang memiliki tanggung jawab, jadi bukan hanya janji. Karena itu kami perlu melakukan pengawasan untuk benar-benar menentukan siapa orang yang pantas memimpin Tangsel,” tuntasnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here