Menteri Koperasi Dorong Banten jadi Sentra Buah Nasional

Menteri Koperasi Teten Masduki dan Gubernur Banten Wahidin Halim, saat menghadiri Festival Durian Banten, kemarin.

METROTANGSEL.COM, Serpong – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengaku terkesan pembangunan perkebunan di wilayah Provinsi Banten saat ini. Begitu juga infrastruktur jalan di Banten dinilainya sudah bagus.

“Saya siap bantu Pak Gubernur (Wahidin Halim) untuk menjadikan Banten sebagai lumbung pangan nasional. Jadikan Banten sebagai sentra buah,” ungkap Teten di hadapan Gubernur Wahadin Halim dalam Festival Durian Banten 2020 di Go Food Festival O-Ring The Flavor Bliss, Alam Sutera Serpong, Kota Tangerang Selatan, Sabtu, (1/2/2020).d

Dikatakan mantan aktivis itu, dia sudah lama mengenal Banten sebagai penghasil durian. “Bicara durian kita produsen terbesar dunia, 800 ton. Tapi kita masih impor. Permintaan durian dari Tiongkok luar biasa. Banyak orang kaya di Tiongkok,” ungkap Teten.

Menurut Teten, Indonesia negara yang sudah punya struktur untuk memperkuat bidang pertanian. Sementara produks ekspor yang diminta dunia adalah produk-produk berbasis kelautan dan pertanian.

Namun, salah satu kelemahannya saat ini adalah belum ada standarnya. Jenis durian yang dikembangkan untuk ekspor perlu standarisasi ukuran dan rasanya.

“Kopi kebutuhannya juga tinggi. Tren ke depan  butuh kopi dari dataran rendah, kopi robusta. Karena untuk pengembangan kopi arabika perlu daerah tinggi. Karena daerah konservasi sehingga sulit dikembangkan,” jelasnya.

“Festival durian merangsang transaksi dan para peneliti untuk meneliti dan mengembangkan durian,” pungkasnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here