Tahapan Pilkada Belum Dimulai, Bawaslu Tangsel Sudah Panggil Empat ASN

Denny Carter (kacamata/tengah), Konsultan politik yang juga "timses" bakal calon Walikota Tangsel Siti Nur Azizah mewakili Azizah saat dipanggil Bawaslu Tangsel, kemarin.

METROTANGSEL.COM, Serpong – Bawaslu Kota Tangsel nampaknya menyoroti betul keberadaan bakal calon walikota yang berstatus Aparatur Sipili Negara (ASN). Sesuai UU Nomor 42 tahun 2004, Bawaslu Tangsel berharap ASN mengedepankan kode etik meski tahapan Pilkada Kota Tangsel belum dimulai.

Baru-baru ini, Bawaslu Kota Tangsel memanggil empat bacalon walikota Tangsel yang berstatus ASN. Mereka yang dipanggil itu yakni putri Wapres Maruf, Siti Nur Azizah, Sekda Muhamad, Lurah Cipayung-Ciputat Tommy Patria Edwardy, serta Kolonel Beben. Pemanggilanya sendiri dilakukan beberapa waktu lalu di kantor Bawaslu Tangsel.

Menurut Ketua Bawaslu Tangsel Tangsel Muhamad Acep, pemanggilan terhadap empat ASN itu, karena disinyalir sudah gencar melakukan sosialisasi. Seperti Siti Nur Azizah, kemudian Sekda Tangsel Muhamad, Lurah Cipayung Tomi Patria dan Kolonel Beben.

Namun, kata Acep, dari empat orang yang dipanggil, Siti Nur Azizah bukan lagi seorang ASN di Kenterian Agama RI, karena putri wapres itu sudah mengundurkan diri sebagai ASN. Azizah sendiri tidak memenuhi panggilan Bawaslu dan hanya diwakili konsultan politiknya, yang konon sudah jadi bagian dari tim sukses balon ini.

”Sayangnya, Ibu Siti Nur Azizah tidak dapat hadir karena ada salah satu sidang mahasiswa Sekolah tinggi Agama Islam Shalahudin Al Ayyubi Jakarta tahun 2020,” ujar Acep, melansir laman Bawaslu Tangsel, Sabtu (1/2/2020).

Selain itu, mantan anggota Panwaslu Tangsel ini menegaskan, dari banyaknya keterangan yang dia dapatkan pada saat melakukan komunikasi dengan ASN yang diundang, kebanyakan dari mereka sudah mendapatkan izin dari atasannya langsung. ”Namun izinnya tidak melalui tulisan melainkan secara lisan,” tambah Acep.

Dari empat bacalon yang diundang semuanya memenuhi panggilan sementara hanya Azizah yang diwakilkan oleh timnya. Sehingga Acep berharap jika nantinya informasi yang disampaikan kepada tim yang mewakili bisa disampaikan kepada Azizah.(sam)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here