Jokowi Tanam Rumput Vetiver ‘Penangkal’ Longsor di Sukajaya Bogor

Presiden Jokowi saat menanam rumput Vetiver di desa Pasir Madang, Kec. Sukajaya, Kab. Bogor, Senin (3/2). (Foto: Humas/Rahmat)

METROTANGSEL.COM, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman rumput Vetiver yang akar serabutnya dapat masuk menembus tanah hingga kedalaman 6 meter dan menahan lapisan tanah serta mampu mencegah erosi dan sedimentasi, memperbaiki kualitas tanah, juga memperbaiki kualitas air.

”Jadi ini adalah vetiver yang ini kita tanam. Fungsinya adalah agar lahan-lahan yang ada ini tidak kritis, karena akarnya bisa sampai 3-4 meter ini, vetiver ini, ya,” kata Presiden dalam acara Penanaman Tanaman Vetiver Serentak, Senin (3/2/2020), di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga mengingatkan jangan sampai di tanah-tanah yang miring seperti ini, ini dicabuti karena fungsinya melindungi lahan dan perbukitan yang ada di sini agar tidak longsor.

“Dan ini, hari ini kita mulai dan seterusnya akan terus kita tanam sebanyak-banyaknya,” tambah Presiden.

Yang ditanam, menurut Presiden, bukan hanya vetiver, tetapi juga buah-buahan seperti durian, jambu, jengkol, rasamala, ada semuanya. Ia menambahkan jika ada yang ingin diambil buahnya bukan tanaman rumput Vetivernya.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, penanaman kita mulai,” pungkasnya.

Sebelum melakukan penanaman Vetiver, Presiden Jokowi meninjau Desa Harkat Jaya yang merupakan wilayah yang terkena longsor beberapa waktu lalu. Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan kali ini Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, KSP Moeldoko, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here