Kementerian Agama Ganjar Walikota Tangsel Penghargaan, Atas Dedikasinya Memajukan Pendidikan Islam dan Madrasah

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menerima penghargaan dari Menteri Agama, Fachrul Razi, kemarin.

METROTANGSEL.COM, Serpong – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) memberikan penghargaan kepada kepala daerah di Provinsi Banten, yang telah mendukung dan memberikan kontribusi serta dedikasi terhadap program kementerian tersebut. Ketiganya yakni Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Pandeglang Ratu Tatu Chasanah serta Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Penghargaan diberikan saat pembukaan Rapat Kerja Wilayah Kemenag Provinsi Banten di Serang, Kamis, (20/2/2020). Hadir, Kakanwil Kemenag Banten A Bazari, Abuya Muhtadi Dimyathi dan tokoh lintas agama, serta jajaran Kanwil Kemenag Banten.

Menteri Agama bersama peraih penghargaan dari Kemenag, berpose bersama Menteri Agama Fachrul Razi, usai pemberiaan penghargaan.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany diketahui menerima penghargaan atas komitmennya dalam memajukan madrasah dan pendidikan Islam. Walikota Airin telah menghibahkan tanah kepada MAN Insan Cendekia Serpong seluas 5,4 hektar. Walikota juga  menghibahkan tanah seluas 2.350 m persegi untuk Kantor Kemenag Tangsel. Lebih dari itu, Pemkot Tangsel juga menghibahkan insentif untuk guru madrasah senilai Rp 10M. Termasuk juga insentif untuk guru ngaji, marbot masjid, dan ‘amil hingga Rp 9M.

Sementara Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah juga mengalokasikan sejumlah anggaran untuk pembangunan keagamaan. Pemkab telah menghibahkan anggaran untuk lembaga keagamaan hingga 500juta pada 2018 dan meningkat menjadi 5,7M pada 2020. Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah,  TPQ juga mendapat insentif hingga 26,677M.

Anggaran untuk mendukung kegiatan keagaman juga mencapai 5,7M. Pemkab Serang juga telah menghibahkan tanah untuk MAN 1 Serang hingga 11ribu meter persegi, untuk MTs Serang seluas 5ribu meter persegi, dan hibah tanah untuk Kemenag seluas 5ribu meter persegi.

Sementara Gubernur Banten Wahidin Halim, telah melakukan pembangunan masjid sebanyak tiga unit pertahun, masing-masing senilai 2,5M. Pemprov juga melakukan rehab 20 mushalla setiap tahun,  memberikan bantuan ribuan pembangun madarasah dan pesantren masing-masing sebesar Rp30juta.

Gubernur juga mendapat Baznas Award dengan kategori pemerintah provinsi pendukung kebangkitan zakat. Selain itu, Pemprov juga telah menghibahkan tanah untuk Kanwil Kemenag seluas 2,4 hektar.

Menag mengapresiasi Kanwil Kemenag Banten yang telah mengajak semua pihak dalam membangun kehidupan dan kerukunan umat beragama di Banten.

“Saya senang Kanwil selalu mengajak semua umat dan Pemda untuk sama-sama peduli membangun umat dan bangsa ke depan,” tegasnya.

“Misi kita semua sama, membangun umat untuk membawa Indonesia lebih maju. Mari bangun generasi masa depan yang memiliki keimanan dan ketakwaan tinggi sesuai agamanya, akhlak mulia, iptek yang tinggi dan wawasan kebangsaan yang tinggi pula,” ajaknya.[adv]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here