Setelah Gerai KIA, Kota Tangsel Luncurkan Anjungan Disdukcapil Mandiri

METROTANGSEL.COM, Serpong – Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM) dan Gerai Disdukcapil, resmi meluncur di Mall Teras kota. Peresmianya dilakukan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, pada Minggu, (23/2/2020). Dengan kehadiran ADM, menambah deretan icon layanan kependudukan di kota tersebut, dimana sebelumnya juga sudah diluncurkan gerai KIA Mandiri.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan, ADM lahir setelah pihaknya memiliki anjungan Kartu Identitas Anak (KIA) Mandiri.

“ADM sudah kita miliki sejak bulan November tahun 2019, dan pertama kali ada se-Indonesia. Semua yang memiliki ADM di daerah lain itu sebelumnya berkunjung ke kami, kami dikunjungi 67 Kabupaten Kota se-Indonesia,” kata Dedi.

Mantan Kepala Kesbangpol itu menuturkan, ADM ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pelayanan. “Jadi warga tidak perlu datang ke Disdukcapil, verifikasi dan validasi dilakukan di sini,” tuturnya.

Ditemui usai sambutan, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil beserta jajarannya, yang telah menyiapkan ini semua, dan mewujudkan upaya pemerintah dalam memperpendek birokrasi dan pelayanan masyarakat.

“Terimakasih kepada Kadis beserta jajarannya yang telah menyiapkan semua, sehingga target kita bisa memperpendek birokrasi dan mempermudah pelayanan masyarakat bisa terlaksana,” paparnya.

Menurut Airin, ADM ini icon layanan di Disdukcapil yang memudahkan masyarakat dalam melakukan pembuatan KTP, KIA, Akte Kematian, Akte Perceraian, Akte Kelahiran dan Akte Kelahiran, yang dilakukan di hari libur, yakni Sabtu dan Minggu.

“Pelayanan ini akan belangsung selama lima tahun, kami dikasih tempatnya lima tahun oleh Teras Kota. Kalau melihat animo masyarakat luar biasa malah kita akan melakukan pengadaan lagi, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik lagi. Ke depan kita juga akan bekerjasama dengan Samsat dan pihak kepolisian,” pungkasnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here